Kini Dinas Kesehatan Tasikmalaya Bersedia Membuka Rekrutmen Tenaga Medis Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya , Dr. Uus Supangat
Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Kini Bersedia Membuka Rekrutmen Tenaga Medis (radartasik.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Kota Tasikmalaya masih mengalami kekurangan petugas kesehatan, baik untuk rumah sakit umum yang dimiliki oleh pemerintah daerah maupun puskesmas

Kota Tasikmalaya memiliki rencana untuk segera mengaktifkan rumah sakit tipe B yang sudah selesai dibangun di Kecamatan Kawalu. Dalam rangka itu, Dinas Kesehatan merencanakan untuk merekrut tenaga baru guna mengisi kekurangan yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr. Uus Supangat, menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan diskusi mengenai masalah ini dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Selain itu, ia juga telah melakukan pemetaan kondisi sumber daya manusia (SDM) internal dan membahasnya dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jabar. “Sudah kita diskusikan dengan dinas provinsi mengenai kondisi tenaga kesehatan di rumah sakit dan puskesmas,” kata Uus di Aula Bale Kota Tasikmalaya pada Selasa, 11 Juni 2024.

Baca Juga:HOAX Jangan Sampai Tertipu, Beredar Bocoran Informasi Jadwal CPNS 2024, BKN Bantah Kabar TersebutPuluhan Warga (NU) alumni (UGM) Menyatakan Menolak Pemberian Izin atau Konsesi Kelola Tambang Bagi Ormas

Menurut dr. Uus Supangat, transformasi dalam bidang kesehatan membutuhkan sumber daya manusia yang memadai, terutama dengan adanya penambahan fasilitas baru seperti rumah sakit tipe B yang dibangun oleh pemerintah. Kebutuhan akan tenaga medis menjadi sangat penting. “Ketika membangun fasilitas kesehatan, tentunya akan sejalan dengan peningkatan tenaga kesehatan. Sementara itu, kebutuhan masyarakat terhadap mutu kesehatan dalam era transparansi terus meningkat,” jelas mantan Kepala Puskesmas Purbaratu itu.

Uus mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima masukan dari masyarakat dan organisasi nonpemerintah (NGO) mengenai kebutuhan tambahan tenaga kesehatan. Hal ini meliputi permintaan untuk dokter, dokter spesialis, subspesialis, dan perawat. “Apalagi, Kota Tasikmalaya memiliki Rumah sakit tipe B. Selain itu, di puskesmas juga sudah mulai ada pendampingan radiologi, pendampingan spesialis anak, dan layanan lainnya,” tambahnya.

Saat ini, kata dr. Uus Supangat, pihaknya masih dalam tahap mematangkan rencana rekrutmen tambahan tenaga kesehatan tersebut. Mereka sedang menginventarisir petugas yang masih aktif, mulai dari menilai kompetensi hingga aspek lainnya. “Kita ingin merencanakan sumber daya manusia (SDM) kesehatan dengan memperbaiki perencanaan ke depan. Kebutuhan SDM kesehatan harus didasarkan pada kebutuhan ideal, bukan hanya berdasarkan situasi eksisting,” harapnya.(*)

Artikel ini telah tayang di RadarTasik.id, dengan judul : Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Mau Buka Rekrutmen Tenaga Medis

0 Komentar