900 Ekor Hewan Kurban Disuplai dari Sejumlah Peternakan untuk Idul Adha 1445 H/2024

900 Ekor Hewan Kurban Disuplai dari Sejumlah Peternakan untuk Idul Adha 1445 H/2024
900 Ekor Hewan Kurban Disuplai dari Sejumlah Peternakan untuk Idul Adha 1445 H/2024
0 Komentar

sumedangekspres, Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024, sejumlah peternakan hewan kurban di Kota Cimahi menyuplai sekitar 900 ekor sapi ke seluruh wilayah Cimahi dan sekitarnya, Senin (17/6/2024).

Pemilik Peternakan Sapi Cipageran, Uden Mulyadi, mengatakan saat ini peternakannya telah menyuplai hampir 300 ekor sapi. Jumlah tersebut belum termasuk kontribusi dari kelompok ternak lainnya.

“Kalau untuk di kelompok saya ini kurang lebih sudah ada 300 ekor yang sudah di suplai,” ujar Uden pada Jabar Ekspress di peternakan Kp. Terobosan RW 12, Cipageran, Cimahi Utara, Senin (17/6).

Baca Juga:Bupati Bandung Ajak Warga Tingkatkan Solidaritas Sosial di Hari Raya Idul AdhaPemda Bandung Barat Distribusikan Ribuan Kantong Daging Kurban

Uden menyatakan, pada tahun 2024 diperkirakan hampir 900 ekor hewan ternak siap dikirim kepada para pembeli.

“300 ekor itu di satu kelompok dan itu di kelompok saya saja belum kelompok yang lain. Perkiraan untuk untuk tahun 2024 ini kurang lebih 900 ekor-an,” papar Uden.

Meskipun ada beberapa hewan ternak, baik sapi maupun domba, yang belum disuplai, menurut Uden, hal ini disebabkan oleh proses jual beli dengan sistem uang muka, dan belum semua memberikan uang muka tersebut.

“Jadi yang sudah transaksi, biasanya kita tidak akan menyuplai kalau tidak ada DP. Kalau sudah ada DP berarti siap suplai,” jelasnya.

Terkait penyediaan hewan kurban, Uden menjelaskan, pihaknya bersama sejumlah kelompok peternak di Cimahi telah mengirimkan sejumlah hewan kurban siap kirim ke beberapa DKM Masjid yang ada di Kota Cimahi.

“Penyuplaian campur, ada yang perorangan ada juga dari DKM,” imbuhnya.

Untuk menjaga kesehatan hewan kurban, Uden memastikan kebersihan kandang ternak dan menjaga kondisi hewan agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu caranya adalah dengan rutin memberikan vitamin kepada hewan.

Baca Juga:Pj Bupati Sumedang Serukan Semangat SATALI Kepada WartawanHarga Sembako Stabil Jelang Iduladha

“Paling-paling dalam menjaga kesehatan sapi itu dikasih vitamin atau pakan khusus,” jelasnya.

“Sapi pedaging konsetrat nya itu khusus, beda lagi dengan sapi perah ada lagi vitamin khusus,” sambung Uden.

Menurut Uden, setiap jenis pakan memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda tergantung pada jenis hewan yang diberi makan, terutama sapi. Dia menjelaskan, sapi pedaging akan diberikan pakan dengan kandungan protein yang lebih tinggi.

0 Komentar