Jalan Kabupaten ruas Hariang Rusak: Rawan Kecelakaan Lalulintas

RUSAK: Seorang warga saat melintas di jalan Hariang-Wanajaya yang mengalami kerusakan parah, baru-baru ini.
RUSAK: Seorang warga saat melintas di jalan Hariang-Wanajaya yang mengalami kerusakan parah, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – SURIAN – Kerusakan jalan kabupaten ruas Hariang Kecamatan Buahdua hingga Desa Wanajaya Kecamatan Surian sangat mengganggu mobilitas warga. Selain itu, juga mengancam keselamatan warga.

Pantauan Sumeks, ada dua titik kerusakan yang dapat mengancam keselamatan warga yang melintas. Di kedua titik tersebut yang merupakan turunan, kanan kiri jalan merupakan jurang yang cukup dalam. 

Selain itu, badan jalan hanya menyisakan betonan, sementara tanah pada bagian bawah beton sudah terkikis.  Beruntung, kerusakan jalan diberikan pembatas sehingga kecelakaan yang dapat ditimbulkan bisa diminimalisir.  

Baca Juga:Cegah Longsor, Personel Koramil 1002/Cimalaka Gelar Karya Bhakti Tanam PohonSiswa SMAN Cimanggung Patungan Beli Hewan Kurban

Pembatas hanya dengan menggunakan pagar bambu dan sebagian garis polisi. Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Surian Erwan Riswanto mengatakan kerusakan jalan kabupaten tersebut sampai saat ini belum ada perhatian dan sangat mengganggu dan mengancam keselamatan warga. 

“Pada musim arus mudik dan balik yang lalu, warga Desa Wanajaya bergotong royong memperbaiki jalan tersebut. Beberapa hasil sumbangan dari pengusaha galian di Cimalaka pun dimanfaatkan untuk memperbaiki jalan. Alhamdulillah sampai dengan sekarang jalan tersebut bisa digunakan meski hanya bersifat sementara,” kata Erwan saat berbincang dengan Sumeks, Rabu (19/6).

Dikatakan, kerusakan jalan diakibatkan oleh derasnya air yang mengalir dari bagian atas jalan karena tidak ada drainase. Selain itu, tanah di wilayah tersebut cukup labil. 

“Kerusakan sendiri sampai saat ini belum diperbaiki secara permanen,” katanya. 

Dia mengatakan, kerusakan jalan di wilayah tersebut sempat mengakibatkan lakalantas mobil barang bak kayu tergelincir ke jurang. 

“Kecelakaan itu sendiri beruntung tidak menimbulkan korban jiwa,” jelasnya.

Dikatakan, untuk mengatasi keadaan tersebut Pemdes Wanajaya sudah bersurat ke Dinas PUPR dan sudah di survey ke lapangan oleh dinas dan konsultan.

“Mudah-mudahan tahun ini ada perbaikan. Karena, jalan itu menghubungkan Kecamatan Buahdua dan sembilan desa di Kecamatan Surian,” ujarnya.

Baca Juga:Nyabub, Erwan Didukung Tatang Budie Utama Razak Duta Besar RI Untuk KolombiaSerahkan 72 Hewan Kurban, Menteri AHY Maknai Iduladha: Semangat Berbagi kepada Sesama

Mewakili masyarakat, lanjut dia, pihaknya menginginkan jalan tersebut cepat diperbaiki supaya tidak ada lagi laka lantas. 

“Kasihan anak sekolah, pekerja dan pedagang kalau jalan masih jelek,” tandasnya.

Disebutkan, dengan jalan mulus ekonomi lancar, masyarakat sejahtera, laka lantas bisa menurun. 

0 Komentar