Tokoh Pemuda Sumedang Soroti Calon Pemimpin: Harus Memiliki Integritas

TANGGAPI: Dodi Partawijaya, Aktifis Sosial dan Kepemudaan Kecamatan Paseh saat ditemui Sumeks di salah satu acara, baru-baru ini.
TANGGAPI: Dodi Partawijaya, Aktifis Sosial dan Kepemudaan Kecamatan Paseh saat ditemui Sumeks di salah satu acara, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – PASEH – Menjelang Pilkada tahun 2024, masyarakat memiliki kriteria calon Bupati dan Wakil Bupati Sumedang yang akan memimpin selama lima tahun kedepan. Salah satunya diungkapkan tokoh pemuda Kabupaten Sumedang, Dodi Partawijaya. 

Dodi mengungkapkan, kriteria pemimpin yang pertama adalah yang memiliki integritas atau dalam bahasa agama disebut dengan sidiq. Menurutnya, integritas adalah orang yang satu kata antara lisan dan perbuatan, konsisten tidak mencla-mencle. 

Kedua, lanjut dia, pemimpin harus memiliki kapabilitas atau kemampuan untuk memimpin atau amanah dalam bahasa agama. 

Baca Juga:Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi: Pantarlih Muara Kualitas Pilkada 2024Revitalisasi Pasar Parakanmuncang Tak Kunjung Tiba: Pedagang Tagih Janji Penguasa

“Pemimpin tidak boleh hanya memiliki kemauan, tanpa dibarengi dengan kemampuan,” kata Dodi saat berbincang dengan Sumeks, Senin (24/6).

Ketiga, lanjut dia, harus berjiwa negarawan. Calon pemimpin tersebut harus menomorsatukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, di atas kepentingan golongan, di atas kepentingan suku, agama, dan sebagainya. 

“Pemimpin juga harus mampu menjalin hubungan internasional. Sebab di era sekarang, dunia sudah menjadi kampung global sehingga interaksi antar bangsa dan negara menjadi keharusan supaya Indonesia tidak boleh terpencil dari dunia,” jelasnya. 

Selanjutnya, Dodi menjelaskan kriteria yang harus dimiliki pemimpin adalah berjiwa reformis. Pemimpin dalam pandangan saya itu memiliki jiwa yang senantiasa untuk melakukan pembaruan-pembaruan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dodi menuturkan, Kabupaten Sumedang saat ini membutuhkan sosok yang benar-benar memiliki kecakapan dan dinilai mampu membawa kemajuan bagi perkembangan Kabupaten Sumedang. Yaitu, sebuah gerakan pencerahan dan konsistensi dalam pembangunan menuju Sumedang berkemajuan.

Selain itu, kata dia, dapat menghasilkan rumusan, rekomendasi serta pemikiran-pemikiran untuk mendukung proses dan percepatan pelaksanaan dan keberhasilan program pembangunan di Kabupaten Sumedang.

Ia berharap, agar visi dan misi calon Bupati bukan sekadar menjadi jargon, isu, dan pernyataan normatif. Tetapi hendaknya benar-benar diwujudkan dalam kebudayaan yang berkemajuan, baik dalam bentuk sistem nilai, sistem pranata, maupun sistem tingkah laku kolektif. 

Baca Juga:Golkar – PDIP Makin Serius Berkoalisi: MoU Ikhtiar Agar Rekomendasi Segera TurunApdesi Sumedang Minta Penyesuaian Siltap

“Sehingga, mendarah-daging dalam kehidupan seluruh warga Kabupaten Sumedang khususnya maupun masyarakat pada umumnya,” pungkasnya. (bim)

0 Komentar