Kejutan! Bawaslu Kota Tasikmalaya Temukan Rahasia Besar di Balik Pemutakhiran Data Pemilih!

Kejutan! Bawaslu Kota Tasikmalaya Temukan Rahasia Besar di Balik Pemutakhiran Data Pemilih!
Kejutan! Bawaslu Kota Tasikmalaya Temukan Rahasia Besar di Balik Pemutakhiran Data Pemilih!(shutterstock.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Kejutan! Bawaslu Kota Tasikmalaya Temukan Rahasia Besar di Balik Pemutakhiran Data Pemilih! Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya semakin mendekat dan persiapan pun kian intensif.

Salah satu fokus utama dalam tahapan ini adalah memastikan akurasi data pemilih. 

Untuk itu, Bawaslu Kota Tasikmalaya sangat memperhatikan kinerja 1953 petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang bertugas melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Baca Juga:Ngakak! Jung Eun Ji Bikin Choi Jin Hyuk Speechless di Miss Night and Day: Oase di Padang PasirDibalik Layar Moon Lovers Rahasia Aktor-Aktor Utama yang Harus Kamu Ketahui!

Artikel ini telah tayang di radartasik.disway.id dengan judul Pilkada 2024 Kota Tasikmalaya, Bawaslu Pelototi Kinerja Pantarlih Antisipasi Joki Coklit dan Akurasi Data.

Bawaslu Kota Tasikmalaya Temukan Rahasia Besar

Pengawasan Ketat dari Bawaslu

Enceng Fuad, Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Tasikmalaya, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah menginstruksikan seluruh jajaran Panwascam dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD) untuk bersiap siaga mengawasi proses Coklit.

Enceng menyatakan, “Seluruh Panwascam dan PKD sudah kami instruksikan untuk siap siaga melakukan pengawasan proses Coklit yang dilakukan oleh Pantarlih. 

Kawal ketat pemilik hak pilih,” ujarnya pada Senin, 24 Juni 2024.

Partisipasi Warga dalam Pengawasan

Selain pengawasan oleh Panwascam dan PKD, Bawaslu juga mengajak seluruh warga Kota Tasikmalaya untuk ikut serta dalam pengawasan proses Coklit.

Hal ini penting agar hak pilih setiap warga dapat terjaga dengan baik dan akurasi data pemilih terjamin. Enceng menekankan, 

“Kami sampaikan kepada seluruh warga Kota Tasikmalaya untuk ikut andil melakukan pengawasan secara bersama-sama.”

Antisipasi Joki Coklit

Salah satu kekhawatiran utama dalam proses Coklit adalah adanya potensi joki, yaitu individu yang tidak ditugaskan oleh KPU namun melakukan tugas Coklit.

Baca Juga:Wow! Lee Jong Suk Tampil Memukau di Catwalk Paris dengan Luke Newton dan Morgan Spector!Pj Gubernur Beri Peringatan Serius Setelah Kasus Perundungan Mematikan di SMK Kesehatan Terungkap!

Enceng menyatakan bahwa Bawaslu sangat fokus mengawasi mekanisme prosedur Coklit untuk mencegah hal ini terjadi. 

“Kami fokus pengawasan terkait dengan tata cara mekanisme prosedur Coklit. 

Karena menjadi pemetaan kerawanan bagi kami adalah diantaranya jangan sampai terulang kembali proses Coklit yang dilakukan oleh orang tak ditugaskan oleh KPU atau bahasanya joki,” terangnya.

Netralitas dan Legalitas Pantarlih

0 Komentar