Disnaker Sediakan 1.771 Loker di SMK Muhammadiyah Lemahabang

Disnaker Sediakan 1.771 Loker di SMK Muhammadiyah Lemahabang
(thebalance.com) Disnaker Sediakan 1.771 Loker di SMK Muhammadiyah Lemahabang
0 Komentar

sumedangekspres — Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) telah menggelar kegiatan job fair ini dibuka untuk umum dan gratis dan berlangsung selama satu hari.

Kegiatan ini sendiri digelar di SMK Muhammadiyah Lemahabang, Kamis 27 Juni 2024 kemarin.

Terpantau, cukup banyak perusahaan yang berhasil digandeng oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon untuk membuka job fair.

Bahkan, sampai bisa membuka 1771 lowongan pekerjaan (loker).

Baca Juga:Bawaslu Begerak! Diduga 2 ASN Mengikuti Penjaringan Calon Bupati KuninganKronologi Dugaan Korupsi di Perumda BPR Bank Cirebon

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang ikut. Sehingga ada sebanyak 1.771 loker.”

“Ini terbuka untuk umum, untuk masyarakat. Jadi gunakan sebaik-baiknya,” papar Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Drs H Wahyu Mijaya SH MSi saat sambutan dalam pembukaan job fair.

Di tempat yang sama, Kepala Disnaker Kabupaten Cirebon, Novi Herdrianto SSTP, MSi mengatakan, digelarnya job fair untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan pemberi kerja. 

Kegiatan tersebut memberikan kesempatan atau lowongan pekerjaan untuk masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Kali ini, kita kolaborasi dengan SMK Muhammadiyah Lemahabang, karena mempunyai visi dan misi yang sama dengan program pusat. Sekarang ada 1771 loker dalam job fair,” Ujarnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan bursa kerja, khususnya pendekatan perusahaan dan masyarakat, berdasarkan domisili. 

Tentunya dibagi menjadi 3 zonasi, yakni diadakan job fair di wilayah timur, tengah dan barat.

Baca Juga:Rekonstruksi Pembunuhan Wanita Dalam LemariGeger Penemuan Bayi di Mushala Cempaka Plumbon!

“Jadi tidak tertumpuk satu titik tempat untuk pelaksanaan job fair. Tapi dengan pola zonasi dengan harapan untuk bisa memberikan serapan peluang yang lebih luas terhadap peluang kerja masyarakat kabupaten Cirebon,” jelasnya.

Novi Herdrianto menjelaskan, dari data yang tercatat di Disnaker Kabupaten Cirebon, pencari kerja yang telah membuat kartu kuning selama tahun 2023, ada sebanyak 47.749 orang. 

Artinya masi ada sebanyak itu, masyarakat Kabupaten Cirebon yang mencari pekerjaan. Karena itu, pihaknya juga melakukan berbagai upaya, seperti dengan diadakan job fair, BLK, dan lainnya.

“Dari 47.749 orang pencari kerja di tahu 2023, sekarang sudah terserap 20.000 orang.”

“Artinya kalau kita lihat persentase dari program kolaborasi dengan stakeholder terkait ini, sudah 50 persen daya dukung program dinas untuk upaya mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Cirebon,” jelasnya

0 Komentar