Dodi Sebut PSNDampak Terhadap Perekonomian Masyarakat Rendah

SOSOK: Ketua Lembaga Study Visi Nusantara Maju Sumedang Dodi Partawijaya.
SOSOK: Ketua Lembaga Study Visi Nusantara Maju Sumedang Dodi Partawijaya.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Tokoh pemuda dan aktivis sosial Sumedang Dodi Partawijaya menyoroti rendahnya dampak proyek strategis nasional (PSN) terhadap perekonomian masyarakat.

Dia menilai, penyebabnya ialah ketidakmampuan PSN mendorong kenaikan kualitas belanja modal dan efisiensi penggunaan kapital dalam perekonomian.

“Proyek infrastruktur yang dibangun sangat mahal, tapi setelah beroperasi sangat sepi dan nyaris tak digunakan oleh publik,” kata Dodi kepada Sumeks, baru-baru ini. 

Baca Juga:Sa'dulloh Sebut Judi Online Salah Satu Ciri Akhir ZamanTerima Sertipikat Wakaf, Warga Tanjung Hulu, Pontianak Timur Tak Lagi Khawatir Kehilangan Masjid

Dia mencontohkan, Bendungan Jatigede dan Proyek Tol Cisumdawu. Di Proyek Tol Cisumdawu, dengan tarif tinggi untuk kelas menengah ke bawah sangat terbebani.

“Sementara itu, kolaborasi rest area tol Cisumdawu belum tentu diperuntukkan untuk pelaku UMKM di Sumedang,” jelasnya.

Dia pun menyarankan agar pemerintah mendorong Pertumbuhan dan Pembangunan Berkelanjutan dan hilirisasi pemerataan yang bertujuan untuk memajukan ekonomi, infrastruktur, lingkungan, dan sektor lainnya

“Tentunya para elit pemegang PSN ini haruslah peka dan melakukan pemerataan, khususnya kepada masyarakat yang terkena dampak PSN, berikan lah ruang-ruang kolaborasi peningkatan perekonomian warga yang berkelanjutan, tidak stak sampai disini,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat jangan tinggal diam jika hak hak mereka tidak terpenuhi. “Jangan biarkan para penguasa yang tidak bertanggung jawab melanggar hak hak masyarakat lokal,” tukasnya. (bim)

0 Komentar