Aktivasi IKD di Desa Padasuka Capai 51 Persen

PAPARKAN: Kepala Desa Padasuka, Gamis, saat memberikan keterangan terkait pencapaian program IKD di Desanya, k
PAPARKAN: Kepala Desa Padasuka, Gamis, saat memberikan keterangan terkait pencapaian program IKD di Desanya, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau Digital Id dalam aplikasi melalui smartphone yang digulirkan Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di setiap kabupaten diseluruh Indonesia.

Di Desa Padasuka kecamatan Sumedang Utara sampai hari Selasa (9/7), mencapai 51,09 persen dengan jumlah 586 jiwa yang sudah terdata regitrasi IKD dari jumlah target IKD yang harus dicapai berjumlah 1.147 jiwa, dengan Wajib Kartu Tanda Penduduk (WKTP) 3.823 jiwa.

Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Kades Padasuka, Gamis kepada Sumeks, Kemarin.

Baca Juga:Tahrib Tahun Baru Islam 1446 H di Cibeureum Wetan: Tingkatkan Keimanan UmatSesepuh Kecamatan Ujungjaya Minta Nama Bendungan Cipanas Diganti

“Alhamdulillah untuk saat ini antusias masyarakat mengenai IKD di Desa Padasuka cukup baik, hal ini tidak lepas dari kerja keras para perangkat desa dan para ketua RT dan RW dalam mensosialisasikan program IKD tersebut,”  ucap Kades.

Kades mengungkapkan, pada awalnya untuk program IKD ini banyak sekali kendala tapi setelah pihaknya melakukan sosialisasi dan panduan cara registrasi IKD di Smartphone secara gencar pada kegiatan – kegiatan di desa atau sosialisasi. Dengan mengunjungi para Ketua RW dan diteruskan kepada para Ketua RT di lingkunganya baru bisa membuahkan hasil.

“Pada tiap sosialisasi disampaikan fungsi dan pentingnya IKD tersebut dan juga sekaligus memberikan panduan terkait cara registrasi pada aplikasi IKD tersebut,” ucap Kades.

Karena lanjut Kades, di lapangan sebagian besar masyarakat masih belum tahu apa fungsi dan kegunaan dari IKD dan yang kedua sebagian besar masyarakat belum tahu cara mengisi daftar isian di aplikasi IKD tersebut, jadi harus dipandu oleh para perangkat desa.

“Dan alhamdulillah setelah kami gencar sosialisasi dan memberikan panduan kepada warga masyarakat, di lingkungan setiap RW di Desa Padasuka sampai hari ini Selasa (9/7), rata-rata sudah mencapai 50 persen lebih untuk program IKD tersebut,” kata Kades.

Kades berharap, dalam waktu yang tidak lama lagi setiap RW bisa mencapai 100 persen untuk program IKD tersebut.

“Kami harapkan dalam waktu yang tidak lama lagi Desa Padasuka bisa mencapai 100 persen untuk program IKD tersebut, sesuai dengan yang ditargetkan oleh Pemerintah yaitu sebanyak 1.147 jiwa,” ujarnya.

0 Komentar