Siaga, Listrik Aman Dan Andal PLN UP3 Sumedang Dukung Peresmian Bendungan Cipanas Oleh Wapres Ma'ruf Amin

Draft Release PLN UP3 Sumedang
Dokumen: PLN UP3 Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – (09/07/2024) – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang dalam dua hari ini, siagakan personel juga sistem kelistrikan untuk agenda peresmian Bendungan Cipanas oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin. 

Bendungan Cipanas berlokasi di  Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang dengan luas genangan seluas 1.315,95 hektare dengan kapasitas 250,81 juta meter kubik dengan tinggi 71,70 meter. Kehadiran bendungan ini memberi banyak manfaat diantaranya sebagai sumber air baku untuk kabupaten Sumedang dan Indramayu, untuk irigasi atau sumber pengairan persawahan, dapat mereduksi banjir di wilayah Kabupaten Indramayu dan berpotensi menghasilkan listrik 3 MW apabila difungsikan sebagai PLTMH.

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin yang siang ini didampingi Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menyampaikan dengan banyaknya manfaat dari bendungan Cipanas ini, agar dapat dinikmati oleh dengan seluas – luasnya oleh masyarakat.

Baca Juga:Aktivasi IKD di Desa Padasuka Capai 51 PersenTahrib Tahun Baru Islam 1446 H di Cibeureum Wetan: Tingkatkan Keimanan Umat

Ma’ruf juga mengingatkan bahwa seluruh komponen baik pemerintah daerah ataupun masyarakat harus berkolaborasi untuk menjaga dan memelihara aset dan mendorong partisipasi masyarakat untuk pengelolaannya. Selain itu, Ma’ruf berpesan untuk menjaga ketahanan air sebagai syarat untuk dapat mewujudkan ketahanan pangan dan ketahanan energi berkelanjutan.

Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto yang secara langsung memimpin siaga hari ini menyatakan bahwa ada 2 lokasi siaga VVIP siang ini, di Bendungan Cipanas juga Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Untuk agenda siang ini, siaga VVIP di dua lokasi Bandara Kertajati dan Bendungan Cipanas kami siagakan 20 personel, 2 unit UPS 100 kVA & 80 kVA serta Aco TR 1 buah”ujar Eko

“Kami sudah lakukan final check juga simulasi kemarin, InshaAllah sistem aman dan andal juga seluruh personel siap” tambah Eko. 

 

Dari Bandung, General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat menyebutkan PLN siap  mendukung dan turut serta dalam suksesnya proyek strategis nasional.

“Mulai dari proses pembangunan, saat diresmikan, juga setelah difungsikan nanti, PLN akan terus memberikan pelayanan dengan menyalurkan listrik aman dan andal serta tanpa padam untuk membersamai setiap program maupun rencana strategis nasional”tutur Susi

0 Komentar