Ribuan Pemilih Pemula di Sumedang Siap Punya KTP

PAPARKAN: Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumedang Bangbang Kustiantoro saat memaparkan mengenai pemilih pemula y
PAPARKAN: Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumedang Bangbang Kustiantoro saat memaparkan mengenai pemilih pemula yang belum memiliki KTP di kantornya, Rabu (10/7).
0 Komentar

sumedangekspres – KOTA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang melakukan jemput bola ke setiap sekolah menengah dan kejuruan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjalankan program Disdukcapil, perihal pengelolaan KTP pemula, untuk persiapan Pilkada 2024.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumedang, Bangbang Kustiantoro mengatakan, ada sekitar tujuh ribu pemilih pemula yang belum memiliki KTP.   “Tapi seiring dengan berjalan nya waktu, sudah mulai berkurang. Karena ada juga kan pembuatan setiap hari nya untuk pelaksanaan pelayanan yang rutin,” kata Bangbang saat ditemui di kantornya, Rabu (10/7). 

 Adapun agenda akselerasi yang dilakukan Disdukcapil, dengan cara jemput bola ke sekolah-sekolah menengah atas dan kejuruan. 

Baca Juga:Pemdes Girimukti Gencarkan Sosialisasi dan Aktivasi IKDTerima Kunjungan Duta Besar Norwegia, Menteri AHY Pastikan Kemudahan Investasi

 “Kami juga sudah melaksanakan perekaman jemput bola, sebelum pelaksaan ujian kemarin ke beberapa sekolah sudah kita lakukan, karena sebagian besar pemilih pemula ini ada di sekolah SMA/SMK,” ujar Bangbang. 

 Untuk pelaksanaan proses pembuatan KTP pemula, sambung Bangbang, sangat singkat dan tidak perlu waktu lama.

 “Tidak harus menunggu lama, karena ketersediaan blangko itu cukup memadai jadi bisa langsung cetak saat itu juga,” jelas dia. 

Lebih jauh Bangbang mengatakan, saat para siswa pembuat KTP, maka secara langsung akan teraktivasi kepada Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

 “Karena langsung bisa mengaktivasi IKD tersebut di media online, sehingga disamping mendapatkan KTP dalam bentuk fisik, yang bersangkutan juga memilili IKD dalam bentuk digital,” tambahnya. 

Dia mengimbau, bagi setiap warga Sumedang yang sudah berumur 17 tahun, untuk segera membuat KTP. Karena menurutnya, KTP akan sangat diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti membuat BPJS, SIM, administrasi perbankan dan lain sebagainya. 

 “Untuk yang memang sudah waktunya punya KTP, kami mengimbau agar segera proses pembuatan KTP tanpa sistem berbayar sedikitpun,” pungkasnya. (cr. 2)

0 Komentar