PKL Dadaha Dipindahkan ke Area Parkir GOR, Jalanan Langsung Bersih

PKL Dadaha Dipindahkan ke Area Parkir GOR, Jalanan Langsung Bersih
PKL Dadaha Dipindahkan ke Area Parkir GOR, Jalanan Langsung Bersih
0 Komentar

sumedangekspres, Pedagang Kaki Lima (PKL) tidak lagi berjualan di muka Alun-Alun Dadaha Kota Tasikmalaya. Sejak Kamis, 11 Juli 2024, mereka dipindahkan ke halaman kompleks GOR Sukapura dan GGM.

Sehingga pemandangan tepi jalan area itu kini menjadi lengang. Pantauan Radar, di lokasi juga kini tampak berjaga sejumlah anggota Satpol PP dan Dinas Perhubungan berjaga.  

“Pemerintah meminta untuk pedagang yang selama kemarin ada di depan alun-alun supaya dipindahkan ke dalam area Gedung GGM atau GCC. Itu arahan dari pak Kabid Mulyono, itu juga intruksi dari Pak Kadisnya (Kadis Disporabudpar, red) dan juga dari Pj-nya,” kata Ketua Forum Koordinasi Pengelola Dadaha Tasikmalaya (Forkopdatas), Ade Cundiana, kemarin.

Baca Juga:Harga Bawang Merah Terjun Bebas, Petani di Kabupaten Tasikmalaya Terpaksa Menjual MurahBapenda Minta Tarif Parkir Pantai Pangandaran di Lahan Swasta Tidak Terlalu Mahal

Meski begitu Ade sendiri mengaku belum mendapatkan penjelasan apapun tentang pemindahan para pedagang kaki lima itu.

Juga tidak ada surat pemberitahuan secara resmi, baik dari pihak UPTD Dadaha maupun Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar). Hanya ada perintah secara lisan untuk memindahkan para pedagang.

“Kami dari pengurus sudah memahami betul bahwa selama ini kami memang mengambil hak pejalan kaki. Itu sudah kita akui. Tetapi di sisi lain juga, gimana caranya, rekan-rekan dari pedagang bisa mencari nafkah untuk keluarganya. Apalagi saat ini ekonomi sangat sangat sulit,” jelas Acun.

Rencananya para pedagang akan mengajukan audiensi kepada pemerintah. Khususnya Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, untuk meminta penjelasan serta solusi atas pemindahan itu.

Meski untuk sementara waktu mereka sudah mematuhi permintaan relokasi dan kini berjualan di halaman parkir kompleks sarana olahraga.

“Untuk sementara ke depannya kami meminta supaya kita bisa audiens, surat menyurat lah dengan Pj (Walikota). Saat ini cuma diminta untuk pindah, di-clear-kan, untuk dibersihkan jalur utamanya ini,” terang dia.

Dia berharap setelah audiensi nanti bisa ada solusi bagi para PKL Dadaha. Mereka enggan berjualan di kawasan parkir GOR Sukapura, GCC serta GGM karena dianggap kurang potensial untuk mendapatklan pembeli.

Baca Juga:Harga Cengkeh Merosot, Petani di Kabupaten Pangandaran MengeluhWarga Garut Diminta Waspada, Awasi Tahapan Pilkada 2024 Demi Demokrasi Bersih

Artikel ini telah terbit di radar tasik dengan judul PKL Dadaha Dipindahkan ke Area Parkir GOR, Jalanan Langsung Bersih

0 Komentar