Bunga Telang Tanaman yang Sering diolah Menjadi Teh Herbal, Mari Simak Manfaat dan Cara Mengonsumsinya

bunga telang
Manfaat bunga telang dan cara mengonsumsinya.
0 Komentar

4. Menjaga fungsi dan kesehatan otak. Seiring bertambahnya usia, kerusakan pada sel-sel otak bisa terjadi akibat radikal bebas. Radikal bebas ini dapat merusak sel-sel saraf di otak, yang sulit untuk diperbaiki dan dapat meningkatkan risiko demensia atau kepikunan. Antioksidan dalam bunga telang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan ini. Selain itu, bunga telang juga dapat meningkatkan kadar asetilkolin, suatu zat kimia penting dalam otak yang berperan dalam fungsi kognitif seperti belajar, mengingat, dan berkonsentrasi.

Dengan demikian, bunga telang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut dengan flavonoidnya yang merangsang pertumbuhan dan kekuatan akar rambut, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dengan melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan meningkatkan fungsi kognitif.

5. Mengandung zat-zat yang memiliki sifat antiradang. Karena kandungan ini, bunga telang terkenal sebagai obat herbal yang efektif untuk meredakan berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh, seperti alergi, radang tenggorokan, dan radang sendi yang dapat terjadi akibat proses penuaan.

Baca Juga:Tidak Banyak Orang Tahu , Inilah 4 Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh, Segera Konsumsi Teh Hitam!11 Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Imunitas Tubuh

6. Pengobatan untuk diare. Bunga telang sering digunakan sebagai obat alami untuk diare karena selain memiliki sifat antiradang yang dapat meredakan peradangan di usus, bunga telang juga memiliki sifat antibakteri yang bisa melawan kuman, termasuk bakteri E. coli yang merupakan penyebab umum diare.

Meskipun manfaat bunga telang sebagai obat diare memerlukan penelitian lebih lanjut, konsumsi teh dari bunga telang dapat memberikan manfaat sebagai sumber cairan bagi tubuh saat mengalami diare, yang penting untuk mencegah dehidrasi. Disarankan juga untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup atau mengonsumsi larutan oralit.

Namun, penting untuk diingat bahwa jika diare berlangsung lama atau parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan medis yang tepat.

7. Menurunkan gula darah dengan cara memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di saluran cerna. Meskipun penelitian ini masih terbatas pada hewan, bunga telang telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu menurunkan kadar gula darah dan mengatasi diabetes. Namun, untuk penggunaan pada manusia, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efektivitas, dosis yang tepat, serta keamanannya. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan tetap mengikuti pengobatan dari dokter, mengontrol konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi, serta rutin berolahraga.

0 Komentar