10 Ciri-ciri atau Tanda Seseorang yang Telah Mendapatkan Hidayah

Ciri-ciri orang yang mendapatkan hidayah
Ciri-ciri orang yang mendapatkan hidayah
0 Komentar

sumedangekspres – Makna bahwa hidayah, atau petunjuk dan bimbingan dari Allah, adalah sesuatu yang sangat penting bagi umat Muslim dan selalu diminta dalam doa mereka. Hidayah dianggap sebagai anugerah yang hanya dapat diberikan oleh Allah, menunjukkan betapa pentingnya petunjuk Ilahi dalam kehidupan seorang Muslim.

Hidayah dari Allah adalah petunjuk Ilahi yang mengarahkan seseorang dari keburukan menuju kebaikan. Bentuk hidayah mungkin tidak bisa diprediksi, tetapi penerimanya akan merasakannya, terutama melalui perubahan positif dalam kehidupan, cara berdzikir, dan ibadah. Terdapat 17 tanda atau ciri-ciri yang menunjukkan seseorang telah mendapatkan hidayah dari Allah, dan kamu bisa mengecek diri sendiri untuk mengetahui seberapa banyak tanda-tanda tersebut yang kamu alami.

Ciri-ciri atau tanda seseorang yang telah mendapatkan hidayah dari Allah. Berikut adalah daftar tanda-tandanya:

Baca Juga:Tanda-tanda Hamil 1 Bulan Bisa dikenali Melalui Neberapa Gejala Awal4 Aplikasi Penghasil Uang yang Terlibat dalam Penipuan

1. Pemahaman Agama: Memahami ajaran agama dengan lebih baik dan bisa membedakan mana yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis.

2. Kecintaan pada Ilmu Agama: Mencari kajian ilmu agama, senang menghadiri majlis taklim, mendengarkan ceramah agama, serta mempelajari Al-Qur’an dan Hadis.

3. Perbaikan Ibadah: Membenahi cara sholat sesuai dengan sifat sholat Nabi dan sunnah-sunnahnya, memperbaiki cara wudhu’, dan bacaan dzikir setelah sholat.

4. Kritis terhadap Dalil: Mulai menanyakan atau mencari dalil dari suatu ibadah, tidak lagi mengikuti tanpa pemahaman (taqlid buta), dan tidak hanya ikut-ikutan.

5. Peningkatan Bacaan Al-Qur’an: Membenahi bacaan Al-Qur’an dan menambah hafalan dengan niat menjadi penghafal Al-Qur’an.

6. Penampilan Mukmin: Berpenampilan sesuai tuntunan agama, seperti wanita menutup aurat dengan benar, pria berjenggot, dan mengenakan celana di atas mata kaki. Wanita juga memakai hijab syar’i.

7. Kedisiplinan Sholat: Selalu sholat fardhu di awal waktu. Laki-laki sholat berjamaah di masjid kecuali ada uzur syar’i, sedangkan perempuan sholat di rumah.

Baca Juga:Karnaval Spesial Kemerdekaan HUT RI ke-79, Mencerminkan Semangat Kebangsaan dan Keberagamaan IndonesiaSinopsis Film Pertarungan Kungfu di Sanghai "New First Of Fury"

8. Sholat Sunnah: Semakin giat mengerjakan sholat sunnah, terutama sunnah rawatib, tahajud, witir, dan dhuha.

9. Menjauhi Bid’ah dan Syubhat: Menghindari perkara bid’ah dan hal-hal yang syubhat dalam agama.

10. Sedekah dan Menjauhi Maksiat: Rajin bersedekah meskipun sedikit, meninggalkan riba, berhenti merokok bagi pria, dan meninggalkan ghibah bagi wanita.(*)

0 Komentar