Simak Rute Kereta Tanpa Rel yang akan Beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 5 Agustus 2024

Rute kereta tanpa rel di IKN
Rute kereta tanpa rel di IKN.-@ikninfo-Instagram
0 Komentar

sumedangekspres – Simak rute kereta tanpa rel yang akan beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 5 Agustus 2024. Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Presiden Joko Widodo akan menjadi orang pertama yang mencoba mode transportasi ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa rute kereta tanpa rel ini akan beroperasi mengelilingi Jalan Sumbu Kebangsaan di IKN, dimulai dari pusat Sumbu Kebangsaan dan berputar searah jarum jam menuju Sumbu Timur dan Barat.

Ia menyebutkan bahwa kereta trem tersebut akan beroperasi dengan kecepatan 40 kilometer per jam dan menawarkan tiket gratis bagi penumpang selama masa uji coba. Budi juga menargetkan waktu tunggu (headway) di setiap pemberhentian kereta ini hanya 5 menit.

Baca Juga:Memasuki Bulan Agustus 2024, Tanggal-tanggal Tertentu yang diakui Secara Resmi di Suatu NegaraDaftar Harga iPhone untuk Bulan Agustus 2024

Selain itu, Budi berharap trem otonom ini dapat menjadi salah satu ikon transportasi cerdas di IKN dan berpotensi diimplementasikan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, dan Makassar.

Satu rangkaian kereta (trainset) yang terdiri dari tiga gerbong ini dapat menampung hingga 302 penumpang. Selain itu, Kementerian PUPR akan segera membangun sebuah halte untuk mendukung operasional trem otonom tersebut.

Halte yang akan dibangun tidak hanya akan digunakan untuk menaik-turunkan penumpang, tetapi juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pengisian daya (charging).

Sebelumnya, Kemenhub mengumumkan bahwa kehadiran kereta tanpa rel di IKN Nusantara akan berlangsung hingga Desember 2024 dan masih dalam tahap uji coba. Kemenhub juga sedang mempersiapkan kereta tanpa rel yang berasal dari China untuk menjalani proses uji coba dan pengoperasian.(*)

0 Komentar