Lelah dan Ngantuk Terus? Ternyata Kamu Kurang Vitamin Ini!

Lelah dan Ngantuk Terus? Ternyata Kamu Kurang Vitamin Ini!
(organicfacts.net)Lelah dan Ngantuk Terus? Ternyata Kamu Kurang Vitamin Ini!
0 Komentar

sumedangekspres – Lelah dan Ngantuk Terus? Ternyata Kamu Kurang Vitamin Ini! Merasa lelah dan ngantuk adalah hal yang normal, terutama setelah aktivitas yang melelahkan atau kurang tidur.

 Namun, jika kamu terus-menerus merasa lelah dan mengantuk tanpa alasan yang jelas, mungkin tubuhmu kekurangan asupan vitamin tertentu.

Vitamin adalah mikronutrien penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk menjaga kesehatan organ dan mencegah berbagai penyakit.

Baca Juga:Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling Sumedang Agustus 2024Baliho Liar Dibabat Satpol PP Pengendara Kini Bisa Bernapas Lega!

Kamu Kurang Vitamin Ini!

Berikut ini beberapa vitamin yang sering dikaitkan dengan rasa lelah dan ngantuk serta penjelasan mengapa kekurangannya dapat menyebabkan kondisi tersebut.

1. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2, atau riboflavin, adalah vitamin yang larut dalam air dan penting untuk proses metabolisme tubuh.

Menurut National Library of Medicine, riboflavin membantu memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat menjadi glukosa yang digunakan sebagai sumber energi. 

Kekurangan vitamin ini dapat mengganggu proses metabolisme, sehingga tubuh tidak bisa menghasilkan energi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi.

Akibatnya, kamu akan merasa lelah dan mengantuk.

Makanan Sumber Vitamin B2:

– Susu dan produk olahannya– Telur– Daging– Sayuran hijau– Kacang-kacangan

2. Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin B3, atau niacin, juga merupakan mikronutrien penting yang diperlukan tubuh untuk memproses makanan menjadi energi.

Selain itu, niacin berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf, pencernaan, dan kulit.

Baca Juga:Kamar Kos Berubah Menjadi TKP, Mahasiswa Universitas Siliwangi Ditemukan Meninggal di Kamar KosGempar! Lansia Ditemukan Tewas Membusuk, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan berbagai gejala seperti kelelahan, mengantuk, peradangan kulit, kemerahan pada lidah, diare, muntah, dan perubahan suasana hati.

Makanan Sumber Vitamin B3:

– Daging ayam– Ikan– Kacang-kacangan– Gandum utuh– Jamur

3. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5, atau asam pantotenat, berperan dalam pembentukan sel darah merah serta hormon yang berkaitan dengan stres dan seks.

Menurut Mount Sinai Hospital, kekurangan vitamin B5 dapat memengaruhi jumlah sel darah merah, yang dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan dan anemia.

Makanan Sumber Vitamin B5:

– Daging sapi– Ayam– Telur– Kentang– Brokoli

4. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin B6, atau pyridoxine, berperan dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

0 Komentar