Sekda Jabar Herman Suryatman mengukuhkan Forum OSIS Jawa Barat Generasi 12 di Telkom University

Sekda Herman Suryatman Kukuhkan Forum OSIS Jawa Barat Generasi 12
Sekda Herman Suryatman Kukuhkan Forum OSIS Jawa Barat Generasi 12
0 Komentar

sumedangekspres – Sekda Jabar Herman Suryatman mengukuhkan Forum OSIS Jawa Barat Generasi 12 di Telkom University, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (3/8/2024). Dalam sambutannya, Herman menekankan bahwa pengukuhan ini serta kegiatan sharing session merupakan momentum penting untuk mempersiapkan generasi pemimpin masa depan yang tangguh.

“Atas nama Pemdaprov Jabar, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada teman-teman di Forum OSIS Jawa Barat atas pelaksanaan pelantikan dan sharing session dengan tema School of Education Leader,” ujar Herman Suryatman.

“Bagaimana momentum ini kita jadikan sebagai magic moment untuk mempersiapkan generasi-generasi yang tangguh dan para pemimpin masa depan,” imbuhnya.

Baca Juga:Konsolidasi Tanah Vertikal Pertama di IndonesiaBey Machmudin, Apel Pagi Kali Ini diisi Dengan Penyerahan SK Pensiun Kepada ASN yang Akan Pensiun

Ia juga memberikan nasihat kepada para siswa untuk menguasai empat kompetensi penting di abad XXI ini: critical thinking, creativity, collaboration, dan communication.

Berpikir kritis perlu diasah sejak di bangku SMA/SMK/MA. Para siswa tidak hanya harus memikirkan diri sendiri, tetapi juga penting untuk memiliki kepekaan terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

“Saya ingin melihat tingkat kekritisan adik-adik terhadap sekeliling. Tentu saja, masalah lainnya juga perlu dikritisi, setidaknya untuk didiskusikan di sekolah,” ujar Herman mengenai pentingnya critical thinking.

Begitu pula dengan kreativitas dan kolaborasi. Setelah memiliki kesadaran, langkah berikutnya adalah mencari solusi dengan berpikir kreatif dan menjalin kolaborasi. Tentu saja, untuk menyelesaikan berbagai persoalan, adik-adik harus mulai dibiasakan berpikir kreatif, ujarnya. Herman menekankan bahwa menyelesaikan masalah tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja; para siswa perlu membangun superteam.

“Hari ini ke depan tidak ada superman, yang ada adalah superteam. Jadi, sejak belia, di SMA, SMK, atau MA, biasakanlah membentuk tim untuk membangun kolaborasi dengan siapapun,” jelasnya. Terakhir, Herman menuturkan bahwa sebagai pemimpin masa depan, kemampuan komunikasi sangat berpengaruh terhadap kesuksesan.

“Tentu pesan yang adik-adik miliki harus sampai kepada khalayak dan disampaikan dengan komunikasi yang baik. Semakin bagus komunikasi kalian, semakin besar peluang kalian untuk sukses,” pesan Herman kepada para siswa.(*)

0 Komentar