Berbagai Manfaat dan Cara Membuat Jus Pare yang Sederhana

jus pare
Berbagai manfaat jus pare. Foto (lawankanker.org)
0 Komentar

sumedangekspres – Manfaat jus pare yang paling dikenal mungkin adalah kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Meskipun rasanya pahit, pare menyimpan banyak khasiat lain untuk kesehatan berkat kandungan nutrisi penting di dalamnya.

Pare atau Momordica charantia biasanya dikonsumsi dalam bentuk hidangan, seperti ditumis, direbus, atau sebagai lalapan. Selain itu, sayuran hijau ini juga sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai kondisi.

Jika Anda ingin memanfaatkan pare sebagai obat, Anda bisa mengolahnya menjadi jus. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa merasakan berbagai manfaat dari jus pare.

Ragam Manfaat Jus Pare

Baca Juga:Kulit Semangka Sering dianggap Tidak Berguna, Inilah Fakta Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan TubuhBagi Pencinta Permen Karet Inilah Berbagai Manfaat Permen Karet Untuk Kesehatan

Manfaat jus pare untuk kesehatan tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang ada pada buah pare itu sendiri, seperti vitamin A, vitamin C, folat, zinc, kalium, kalsium, dan zat besi. Berikut adalah beberapa manfaat jus pare untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh Konsumsi jus pare dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ini berkat kandungan vitamin C dalam pare yang berperan penting dalam meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga tubuh lebih efektif melawan infeksi dan tidak mudah sakit. Selain vitamin C, pare juga mengandung protein MAP30 (momordica antiviral protein 30), yang terbukti dapat meningkatkan fungsi imunitas tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus pare efektif dalam menurunkan kadar gula darah, berkat kandungan polipeptida-p, charantin, dan vicine di dalamnya. Polipeptida-p memiliki fungsi mirip dengan hormon insulin, membantu menyerap glukosa ke dalam sel-sel dan jaringan tubuh untuk energi. Charantin dan vicine juga berkontribusi pada penurunan kadar gula darah. Namun, karena kemampuannya menurunkan gula darah, sebaiknya jus pare tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat antidiabetes untuk menghindari penurunan gula darah yang berlebihan.

3. Membuat Kulit Menjadi Sehat dan Bercahaya Mengonsumsi jus pare dapat menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Pare mengandung antioksidan seperti vitamin A dan C, yang penting untuk kulit. Vitamin A dan C dapat memudarkan pigmentasi atau warna kulit yang tidak merata, membuat kulit tampak cerah dan bercahaya.

0 Komentar