Fakta atau Hoax, Apakah Gempa Megathrust Bisa Membelah Pulau Jawa? Simak Penjelasan Berikut Sampai Akhir!

Fakta atau Hoax, Apakah Gempa Megathrust Bisa Membelah Pulau Jawa? Simak Penjelasan Berikut Sampai Akhir!
(freepik.com) Fakta atau Hoax, Apakah Gempa Megathrust Bisa Membelah Pulau Jawa? Simak Penjelasan Berikut Sampai Akhir!
0 Komentar

sumedangekspres – Gempa megathrust adalah ancaman nyata buat Indonesia. Dengan potensi magnitudo sampai 9,1, gempa ini bisa bikin kerusakan parah dan tsunami yang sangat besar.

Banyak daerah di Indonesia, khususnya yang dekat dengan zona subduksi, punya risiko tinggi terkena dampak gempa megathrust.

Di media sosial, sering banget beredar rumor tentang Pulau Jawa yang bakal terbelah kalau ada gempa megathrust. Tapi, apakah itu benar?

Baca Juga:Lagi-lagi Kasus KDRT, Viral di Sosial Media Seorang Suami Aniaya IstrinyaMotor Matic Ini Tiba-tiba Terbakar, Kira-kira Apa Penyebabnya?

Artikel ini bakal ngupas ancaman gempa megathrust di Indonesia dan nyari fakta ilmiahnya, seperti yang udah dirangkum Jabarekspres.com dari tayangan YouTube Fajrul Fx.

Jadi, bisa nggak sih gempa megathrust bikin Pulau Jawa terbelah? Jawabannya: nggak bisa. Gempa ini sebenarnya nggak punya kekuatan untuk membelah Pulau Jawa.

Info ini sering kali jadi hoaks yang dibesar-besarkan. Kalau waktumu terbatas, inget aja gempa ini nggak cukup kuat untuk membelah pulau.

Gempa megathrust di wilayah Sunda bisa sampai magnitudo 8,7. Meskipun besar, kekuatannya masih kalah dibandingkan gempa Aceh 2004 yang mencapai magnitudo 9,1.

Penting untuk tahu kalau skala magnitudo itu logaritmik, jadi setiap kenaikan satu skala magnitudo, kekuatannya jadi sepuluh kali lipat lebih besar. Jadi, gempa magnitudo 8,7 itu cuma setengah kali lebih kuat dibandingkan gempa Aceh.

Gempa megathrust di Sunda juga bisa bikin tsunami. Simulasi menunjukkan tsunami bisa mencapai 20 meter di Ujung Kulon dan 3 sampai 5 meter di pesisir selatan Pulau Jawa.

Tapi, gempa ini nggak bakal bikin retakan besar yang membelah pulau. Gempa yang bisa bikin robekan tanah lebih besar adalah gempa sesar geser, kayak yang terjadi di Palu tahun 2018.

Baca Juga:Diduga Ingin Akhiri Hidup, Pria Ini Tabrakan Diri ke Kereta ApiElektabilitas Tembus 90%, KDM: Hatur Nuhun Rakyat Jabar, Saatnya Jabar Istimewa

Jadi, meskipun gempa ini berpotensi besar, nggak bakal bikin Pulau Jawa terbelah. Jangan terjebak info yang nggak akurat. Tetap waspada dan pastikan dapetin informasi dari sumber yang terpercaya.

Artikel ini telah terbit di Jabarekspres dengan judul Apakah Gempa Megathrust Bisa Membelah Pulau Jawa? Berikut Penjelasannya

0 Komentar