Elektabilitas Dony Ahmad Munir Melesat, Peluang Erwan Masih Terbuka

Elektabilitas Dony Ahmad Munir Melesat, Peluang Erwan Masih Terbuka
Elektabilitas Dony Ahmad Munir Melesat, Peluang Erwan Masih Terbuka
0 Komentar

sumedangekspres – The Jabar Ekspres Institute of Pro Otonomi merilis survei Pilkada Sumedang 2024, Selasa (2/8). Dua di antaranya, terkait popularitas dan elektabilitas atau tingkat keterpilihan.

Hasilnya, mengerucut pada dua nama. Sama-sama petahana. Mantan Bupati Dony Ahmad Munir dan mantan Wakil Bupati Erwan Setiawan.

Untuk elektabilitas, Dony Ahmad Munir menempati urutan teratas. Raihannya 50,55 persen. Posisi kedua, Erwan Setiawan dengan raihan 26,81 persen. Politikus PDIP, Irwansyah Putra menempati urutan ketiga, sebesar 6,37 persen.

Baca Juga:Produk Suzuki: Pilihan Terbaik untuk Mobil dan Sepeda Motor BerkualitasCara Menggunakan e-Meterai dalam Seleksi CPNS 2024

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ridwan Solihin mendapat raihan elektabilitas 4,40 persen. Sedangkan Fajar Ardila dan Hendrik Kurniawan masing-masing sebesar 0,88 persen. Selanjutnya, nama-nama lain seperti Agus Muslim, Sonia Sugian dan Hery Hartawan masing-masing 0,66 persen. Tidak memutuskan 3,74 persen. Jawaban lainnya 4,39 persen.

Sementara itu, untuk popularitas, Dony masih menempati urutan teratas. Erwan Setiawan di posisi kedua. Selebihnya, terdapat sejumlah politikus dan nama tokoh masyarakat.

Antara lain, Irwansyah Putra, Ridwan Solihin, Fajar Ardila, Deden Imanudin Soleh, Sonia Sugian, Hery Hartawan, Agus Muslim, Hendrik Kurniawan, KH Sadulloh, Dadan Daruqutni, Indra Jaya Atmaja dan Heri Ukasah.

Peneliti Litbang JIPO, Syahbana mengatakan, Dony Ahmad Munir mendominasi dengan dukungan yang sangat kuat. Elektabilitasnya memperoleh lebih dari separuh suara responden.

“Ini menunjukkan, bahwa Dony saat ini adalah calon kuat dan paling berpeluang memenangkan Pilkada,” ujar Syahbana kepada Sumedang Ekspres, kemarin.

Pemilih Dony, kata Syahbana, didominasi kalangan perempuan dengan koefisien regresi positif yang signifikan (p < 0.05). “Ini menunjukkan bahwa jenis kelamin perempuan memiliki efek positif yang signifikan terhadap probabilitas memilih Dony, yang berarti bahwa perempuan secara statistik lebih mungkin mendukung Dony dibandingkan dengan laki-laki,” beber Syahbana.

Diakui Syahbana, Dony Ahmad Munir dan Erwan Setiawan muncul sebagai dua calon terkuat dalam survei. Namun demikian, mantan bupati dan wakil bupati periode 2017-2024 tersebut, hampir dipastikan bakal berhadap-hadapan di pilkada mendatang.

Baca Juga:Persyaratan Pendidikan dan STR pada Rekrutmen CPNS & PPPK Kesehatan 202461 Formasi CPNS 2024 KemenPANRB, Gaji Menarik Mulai Rp 9,6 Juta

Erwan yang saat ini tercatat sebagai politisi Partai Golkar, digadang-gadang bakal disandingkan dengan Irwansyah, ketua DPC PDIP Sumedang ataupun kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ridwan Solihin. Sedangkan Dony baru saja mendapatkan rekomendasi dari DPP PAN dan DPP Partai Demokrat, bersanding dengan Fajar Aldila.

0 Komentar