Beberapa Gejala yang Dapat Muncul Akibat Kekurangan Vit D

Gejala yang Dapat Muncul Akibat Kekurangan Vit D
Gejala yang Dapat Muncul Akibat Kekurangan Vit D, Foto: alodokter.com
0 Komentar

sumedangekspres – Vitamin D merupakan nutrisi esensial bagi tubuh, berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi, tulang, detoksifikasi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah penurunan kepadatan tulang. Selain itu, menurut Healthline, ada beberapa gejala yang dapat muncul akibat kekurangan vitamin D, yang perlu diwaspadai.

1. Mudah LelahKekurangan vitamin D dapat menyebabkan seseorang merasa cepat lelah dan mengalami kesulitan tidur.

2. Sakit Tulang dan PunggungVitamin D penting untuk penyerapan kalsium yang baik. Rasa nyeri pada tulang dan punggung bagian bawah bisa menjadi tanda kekurangan vitamin D.

Baca Juga:Manfaat Tanaman Bunga Honeysuckle untuk Kesehatan Kulit Wajah Tetap Cerah Setiap HariBerbagai Jenis Tanaman Hias yang Dapat ditaman di Halaman Rumah dan Memiliki Aroma Harum

3. Merasa Cemas dan DepresiKekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Namun, hasil penelitian bervariasi, dan studi lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami hubungan ini dengan lebih baik.

4. Rambut RontokKadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan alopecia areata, penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut parah. Ulasan tahun 2021 menunjukkan bahwa kadar vitamin D mungkin memiliki hubungan terbalik dengan kerontokan rambut yang tidak menimbulkan bekas luka; semakin tinggi kadar vitamin D, semakin sedikit kerontokan rambut yang terjadi, dan sebaliknya.

5. Nyeri OtotStudi tahun 2014 menunjukkan hubungan antara nyeri otot dan kekurangan vitamin D, dengan sekitar 71% orang yang mengalami nyeri kronis kekurangan vitamin ini. Reseptor vitamin D terdapat pada sel saraf nosiseptor yang merasakan nyeri, dan vitamin ini mungkin berperan dalam jalur sinyal nyeri yang dapat berkontribusi pada nyeri kronis.(*)

0 Komentar