Pizza Sehat, Solusi agar Tidak Merasa Bersalah ketika Diet

Pizza Sehat, Solusi agar Tidak Merasa Bersalah ketika Diet
Pizza Sehat, Solusi agar Tidak Merasa Bersalah ketika Diet. Foto: en.wikipedia.org
0 Komentar

sumedangekspres – Pizza yang biasanya dijual di restoran cepat saji sering kali mengandung lemak, garam, dan kalori tinggi, sehingga sering dianggap tidak sehat, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Namun, Anda masih bisa menikmati pizza secara sehat dengan beberapa penyesuaian. Pizza bisa dikategorikan sehat jika mengandung kalori yang rendah dan bahan-bahan yang lebih bergizi.

Tips Memilih Pizza Sehat

Pizza sering dianggap kurang ideal untuk diet karena kandungan kalori yang tinggi dapat meningkatkan berat badan. Namun, Anda masih bisa menikmati pizza dengan cara yang lebih sehat dengan mengikuti beberapa tips berikut:

1. Pilih Pizza Segar Usahakan untuk menghindari pizza beku atau yang dijual di restoran cepat saji. Sebaiknya, konsumsi pizza di restoran yang menyajikan pizza segar dengan kulit yang tipis. Kulit pizza tipis biasanya mengandung karbohidrat lebih rendah. Pizza segar juga sering dibuat dengan bahan yang lebih sehat daripada pizza cepat saji. Beberapa restoran bahkan menggunakan saus tomat buatan sendiri yang cenderung rendah gula dan garam.

Baca Juga:Manfaat dan Kandungan Nutrisi Paprika untuk AnakBerbagai Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Naga Kuning

2. Gunakan Topping Sehat Pilih topping yang menyehatkan, seperti jamur, paprika, bawang, buah zaitun, bayam, atau kemangi. Jika Anda ingin menambahkan protein, pilihlah topping ayam atau udang. Hindari daging olahan seperti pepperoni, sosis, atau ham karena sering mengandung natrium, lemak jenuh, dan nitrat yang tinggi.

3. Cermat Memilih Makanan Pendamping Batasi konsumsi pizza Anda dengan hanya 1-2 potong. Jika masih lapar, pilih makanan pendamping yang sehat seperti salad sayur atau buah, yang akan membantu menambah rasa kenyang. Hindari makanan pendamping tinggi lemak dan kalori seperti chicken wings atau kentang goreng.

4. Hindari Minuman Bersoda Jika Anda biasanya menikmati pizza dengan minuman bersoda, cobalah untuk menggantinya dengan air putih atau jus buah asli. Ini dapat membantu mengurangi asupan kalori tambahan.

Merasa bersalah setelah makan pizza atau junk food saat diet adalah hal yang wajar, namun sesekali memanjakan diri tidak masalah asalkan Anda memilih pizza yang sehat dan tidak berlebihan dalam konsumsinya. Selain itu, rutin berolahraga juga penting untuk membakar kalori yang masuk ke tubuh. Karena tidak semua restoran menyediakan pizza dengan bahan atau topping sehat, Anda bisa mencoba membuat pizza sendiri di rumah sebagai alternatif yang lebih sehat.(*)

0 Komentar