TPH di Sumedang Masih Ada yang Belum Memiliki Sertifikat Halal, Puluhan Juleha Jalani Pelatihan di Bandung

TPH di Sumedang Masih Ada yang Belum Memiliki Sertifikat Halal, Puluhan Juleha Jalani Pelatihan di Bandung
TPH di Sumedang Masih Ada yang Belum Memiliki Sertifikat Halal, Puluhan Juleha Jalani Pelatihan di Bandung
0 Komentar

Dukung RPH Halal, Sebanyak 30 Juleha Diskursuskan

SUMEDANGEKSPRES – Pj Bupati Yudia Ramli didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Tono Suhartono bersilaturahmi dengan para Juru Sembelih Halal (Juleha) di Ruang Kerja Bupati, PPS, Selasa malam (27/8/2024)

Yudia menyebutkan, ia sengaja mengundang juru sembelih yang ada untuk memetakan Juleha yang bersertifikat maupun yang belum.

“Maksudnya ingin meyakinkan di Sumedang ini sudah ada atau belum yang memiliki sertifikat Juleha. Ternyata ada sembilan orang yang sudah memiliki,” kata Yudia.

Baca Juga:Indeks Pembangunan Keluarga di Sumedang di Atas Rata-rata Jabar Sharing Dr Aqua di Lanal Cirebon Dihadiri Mantan Wakasal Laksdya TNI Purn Achmad Taufiqoerrochman

Untuk itu, Yudia berencana mengkursuskan 30 orang Juleha yang tersebar di beberapa kecamatan di Sumedang.

“Supaya nanti Tempat Pemotongan Hewan (TPH) itu di kecamatan-kecamatan memiliki Juleha yang sudah bersetifikat. Ini untuk mendukung tahun depan kita akan membangun Rumah Potong Hewan (RPH) yang bersertifikat halal,” kata Yudia.

Menurutnya, TPH di Kabupaten Sumedang masih ada yang belum mempunyai sertifikat halal.

“Karena harus ada persyaratan-persyaratan tertentu (yang harus dipenuhi). Maka kita akan bantu TPH, kita urus sertifikat halalnya dan para Juleha. Ini untuk mendukung visi Sumedang yang Sehati,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Tono Suhartono menyebutkan, Ia akan melaksanakan pelatihan Juleha di bulan Oktober 2024.

“Rencananya untuk 30 orang Juleha dilaksanakannya di Bandung. Pelatihannya kerjasama dengan beberapa universitas seperti Unpad juga dengan Dinas Peternakan Ketahanan Pangan Jawa Barat,” kata Tono.

Tono berharap, kehadiran RPH bersertifikat halal di Kabupaten Sumedang dapat segera terealisasi.

Baca Juga:Siswa SMP di Sumedang Adu Skil Gocek Bola, Pj Bupati: Pengembangan Potensi Generasi MudaRatusan Siswa di Dua Sekolah Dasar ini Siap- siap Dapat Jatah Makan Siang Bergizi

“Alhamdulillah ini yang ditunggu-tunggu umat muslim di Sumedang RPH bersertifikat halal. Baru terwujud di masa Pak Pj Bupati Yudia Ramli. Beliau menggagas masyarakat Sumedang mengkonsumsi produk peternakan yang halal,” kata Tono.

Tono menyebutkan, ke depannya nanti d tiap-tiap kecamatan memiliki Juleha.

“Mudah- mudahan nanti Juleha ini bisa mengedukasi yang lainnya dan RPH dan Unggas di Haurngombong bisa terwujud,” pungkasnya.

0 Komentar