Sumber dan Berbagai Manfaat Asam Linoleat untuk kesehatan Tubuh

Sumber dan Manfaat asam linoleat
Sumber dan Manfaat asam linoleat, Foto: www.alodokter.com
0 Komentar

sumedangekspres – Asam linoleat, sebuah jenis asam lemak esensial omega-6 yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, penting tidak hanya untuk perkembangan janin tetapi juga untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Untuk memenuhi kebutuhan asam linoleat, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-6, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Manfaat Asam Linoleat untuk Tubuh:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol: Asam linoleat membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dengan meningkatkan produksi enzim yang memecah kolesterol menjadi asam empedu.

2. Menjaga Kesehatan Jantung: Mengurangi kolesterol jahat berdampak positif pada kesehatan jantung, membantu mencegah serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Mengganti lemak jenuh dengan makanan kaya asam linoleat, seperti kacang-kacangan, dapat meningkatkan manfaat ini.

Baca Juga:Nutrisi dan Manfaat Buah Kersen yang Perlu Kalian KetahuiHindari Kelebihan atau Kekurangan Asupan Karbohidrat

3. Mendukung Perkembangan Saraf Janin: Asam linoleat penting untuk perkembangan saraf janin, serta untuk perkembangan otot, kulit, dan lemak tubuh.

4. Mencegah Penyakit Alzheimer: Kandungan asam linoleat dalam ASI dan susu formula dapat menurunkan risiko gangguan kognitif, termasuk Alzheimer, dengan mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan jaringan.

5. Mencegah Osteoporosis: Rutin mengonsumsi asam linoleat dapat memperlambat perburukan osteoporosis pada wanita usia lanjut, dengan mengurangi pengoroposan tulang.

6. Menurunkan Tekanan Darah: Konsumsi asam linoleat dan asam lemak omega-3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang kenari secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah.

Sumber Asam Linoleat:

– Kenari: 38 gram per 100 gram- Biji Bunga Matahari: 37 gram per 100 gram- Minyak Alpukat: 13 gram per 100 gram- Almond: 12 gram per 100 gram- Selai Kacang: 12 gram per 100 gram- Kacang Mete: 8 gram per 100 gram- Tahu: 5 gram per 100 gram

Orang dewasa berusia 19−50 tahun memerlukan sekitar 12−17 gram asam linoleat per hari. Mengonsumsi berbagai makanan yang kaya asam linoleat, serta memperhatikan jumlah kalori yang masuk, dapat membantu memenuhi kebutuhan ini dan mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.(*)

0 Komentar