Manfaat dan Cara Menggunakan Siwak yang Benar

Manfaat dan cara menggunakan siwa yang benar.
Manfaat dan cara menggunakan siwa yang benar.
0 Komentar

sumedangekspres – Sebelum sikat gigi dan pasta gigi menjadi populer, orang-orang di masa lalu menggunakan siwak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut mereka. Meski kini tidak banyak digunakan, siwak memiliki berbagai manfaat yang patut diperhatikan.

Siwak, juga dikenal sebagai miswak, adalah batang atau ranting dari pohon arak (Salvador persica), yang banyak ditemukan di Timur Tengah. Siwak mengandung berbagai bahan alami seperti alkaloid, silika, sodium bikarbonat, fluoride, vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin, yang memberikan manfaat kesehatan untuk gigi dan mulut.

Manfaat siwak antara lain:

1. Mencegah gigi berlubang dan memperkuat gigi: Siwak dapat membantu mencegah gigi berlubang berkat kandungan essential oil yang meningkatkan produksi air liur. Air liur ini menjaga keseimbangan pH mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Baca Juga:Berbagai Spesialisasi dalam Dunia Kedokteran Gigi dan Tindakan yang Dapat dilakukan Oleh Masing-masing SpesialPentingnya Medikal Check Up dan Tes-tes yang Perlu dilakukan

2. Mencegah bau mulut dan menyegarkan napas: Zat antibakteri alami dalam siwak menghilangkan bau mulut. Produk berbasis siwak sering dipadukan dengan daun mint untuk kesegaran tambahan.

3. Mencegah plak gigi: Kandungan silika dalam siwak mencegah pembentukan plak dan menghilangkan noda kuning pada gigi.

4. Melindungi gusi: Siwak membantu mencegah pembentukan plak dan mengurangi risiko radang gusi (gingivitis) dengan mengurangi pertumbuhan bakteri di gusi.

Cara menggunakan siwak:

1. Potong dan kupas ujung siwak sekitar 1 cm.2. Kunyah ujung yang telah dikupas hingga seratnya terbuka dan membentuk bulu.3. Rendam siwak dalam air.4. Gunakan bagian yang telah berbentuk bulu untuk menyikat gigi.

Jika bulu siwak mulai terurai, potong dan kupas ujungnya lagi untuk membentuk bulu sikat baru.

Kini, banyak produk perawatan gigi menggunakan ekstrak siwak, membuatnya lebih praktis. World Health Organization (WHO) juga mengakui siwak sebagai agen kebersihan mulut. Untuk kemudahan, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak siwak, sering diperkaya dengan daun mint untuk kesegaran tambahan.(*)

0 Komentar