Bey Machmudin: Kesehatan Investasi Paling Berharga bagi Bangsa

Bey Machmudin: Kesehatan Investasi Paling Berharga bagi Bangsa
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin bersama  Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka Ayo Sehat Festival 2024 di area Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (14/9/2024).(Foto: Yogi Prayoga/Biro Adpim Jabar)
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA BANDUNG – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka Ayo Sehat Festival 2024 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (14/9/2024).

Acara yang diprakarsai oleh Kementerian Kesehatan RI ini menjadi momentum penting untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan sebagai fondasi kesejahteraan bangsa.

Dalam sambutannya, Bey Machmudin menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kota Bandung sebagai tuan rumah festival.

Baca Juga:Jabar Dorong Pendidikan Inklusif dan Berkarakter untuk Indonesia Emas 2045AHY Siapkan Baseline Program Pertanahan dan Tata Ruang Untuk Transisi Kepeminpinan, Jelang Sidang Kabinet

Ia menekankan bahwa kesehatan adalah investasi paling berharga bagi bangsa, jauh melebihi fasilitas kesehatan itu sendiri.

“Kesehatan adalah kunci utama kesejahteraan bangsa dan kita bangga melihat ibu-ibu Posyandu yang hadir penuh semangat. Mereka adalah garda terdepan yang memastikan kesehatan masyarakat terus meningkat,” ujar Bey Machmudin.

Dengan gaya yang santai namun inspiratif, Bey juga menekankan pentingnya olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Pak Menkes selalu mengingatkan, lebih baik mencegah sakit daripada hanya mengandalkan rumah sakit. Jadi, ayo rajin berolahraga dan rutin memeriksa kesehatan di Puskesmas atau Posyandu.” ungkapnya.

Tak lupa, Bey menyelipkan rasa bangganya terhadap kontingen Jawa Barat yang tengah berjuang mempertahankan gelar juara umum di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Olahraga adalah bagian dari menjaga kesehatan. Jawa Barat sedang memimpin dan mudah-mudahan kita berhasil meraih hattrick juara umum,” katanya.

Tiga kunci sederhana

Sementara itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Baca Juga:Arahan Herman kepada RSUD di Jabar: Beri Pelayanan yang Cepat dan Prima kepada MasyarakatSekda Herman Suryatman: Jawa Barat Genjot Transformasi Digital Layanan Publik

Ia menguraikan tiga kunci sederhana untuk hidup sehat, yakni makan secukupnya, berolahraga teratur, dan tidur yang cukup.

“Makan berhenti sebelum kenyang, olahraga 30 menit sehari lima kali seminggu, dan tidur cukup minimal 6 jam. Itu rahasia umur panjang,” ungkapnya.

Lebih jauh Budi mengajak masyarakat untuk rutin mengukur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

“Jangan lupa, semua pemeriksaan ini bisa dilakukan di Puskesmas dan semuanya gratis. Kesehatan itu mudah dijaga, asal kita rutin memeriksanya,” kata Budi sambil menekankan pentingnya menjaga lingkar perut ideal.

Festival ini juga menghadirkan berbagai pameran alat kesehatan modern, mulai dari peralatan untuk ibu hamil hingga lansia.

0 Komentar