Beberapa Cara Simpel yang Bisa Bikin Rem Jadi Lebih Empuk dan Responsif: Simak Tipsnya Berikut ini

Beberapa Cara Simpel yang Bisa Bikin Rem Jadi Lebih Empuk dan Responsif.
Beberapa Cara Simpel yang Bisa Bikin Rem Jadi Lebih Empuk dan Responsif.
0 Komentar

sumedangekspres – Buat kamu yang suka naik motor matic dan merasa rem teromol kurang pakem, nggak perlu pusing! Ada beberapa cara simpel yang bisa bikin rem jadi lebih empuk dan responsif. Simak tipsnya berikut ini!

1. Ganti Kampas Rem dengan yang Berkualitas

Kampas rem itu ibarat jantungnya sistem pengereman. Agar rem kamu lebih pakem, pastikan memilih kampas rem dengan kualitas terjamin. Kampas aftermarket dari brand terkenal biasanya lebih awet dan tahan panas, sehingga tidak cepat aus.

2. Jangan Malas Bersihkan Teromol

Kotoran di dalam teromol bisa membuat rem jadi kurang nyaman dipakai. Rutin bersihkan teromol, terutama saat servis motor. Gunakan cairan khusus pembersih rem agar hasilnya maksimal dan rem kamu jadi lebih pakem.

3. Setel Jarak Main Rem

Baca Juga:Tim Sepak Bola PON Jawa Barat Behasil Mengalahkan Tim PON Sumatera Utara di Babak SemifinalWasit Eko Agus Sugih Harto Terancam Sanki Oleh PSSI Setelah Insiden Pemukulan di Laga Semifinal PON 2024

Jarak main rem yang terlalu jauh membuat kamu harus menarik tuas lebih dalam, dan itu tidak nyaman. Atur jaraknya dengan memutar baut penyetel di bagian rem belakang. Cari posisi yang pas untuk kenyamanan kamu, jangan terlalu kencang atau longgar.

4.Cek Kabel Rem Secara Berkala

Jika rem mulai keras, bisa jadi kabel remnya sudah aus atau seret. Rutin cek kondisi kabel dan ganti jika sudah rusak. Kabel yang lancar membuat tuas rem lebih empuk dan nyaman digunakan.

5. Gunakan Minyak Rem yang Bagus

Minyak rem tidak boleh diabaikan! Gunakan minyak rem berkualitas dan sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan biarkan minyak rem kotor atau habis, karena itu bisa mempengaruhi performa rem.

6. Periksa Teromol dan Pegas Rem

Jika rem terasa tidak pakem meskipun kampas dan kabel sudah oke, cek teromol dan pegas remnya. Mungkin ada yang aus atau lemah. Segera bawa ke bengkel untuk pemeriksaan dan penggantian jika diperlukan.

Dengan mengikuti tips ini, rem teromol motor matic kamu akan menjadi lebih pakem dan empuk. Berkendara pun jadi lebih aman dan nyaman tanpa khawatir rem blong!.(*)

0 Komentar