Libur Panjang, Lalu Lintas Jalur Bandung-Garut Padat

ATUR: Unit Lantas Polsek Cimanggung saat melakukan pengaturan lalu lintas di Jalur Bandung-Garut, Senin (16/9)
ATUR: Unit Lantas Polsek Cimanggung saat melakukan pengaturan lalu lintas di Jalur Bandung-Garut, Senin (16/9) malam.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Menghadapi lonjakan volume kendaraan yang menyebabkan kepadatan lalu lintas di jalur Garut-Bandung, khususnya di kawasan Cimanggung. Unit Lantas Polsek Cimanggung turun tangan untuk melakukan pengaturan lalu lintas.

Langkah tersebut dilakukan demi mengantisipasi kemacetan panjang yang kerap terjadi saat arus balik di penghujung libur panjang. Petugas mengintensifkan upaya pengaturan arus di beberapa titik rawan.

Menurut Panit I Lantas Polsek Cimanggung, IPDA Usep Saepuloh, kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi sekitar pukul 16.00 dan diperkirakan terus berlangsung hingga pukul 21.00.

Baca Juga:Wisata Gratis Pasirnanjung Geulis, Dongkrak Ekonomi LokalMaulid Nabi, Cabup Dony Harapkan Pilkada Lancar 

“Sampai sekarang masih cukup padat, karena terjadi peningkatan volume kendaraan,” ungkap Usep saat ditemui di lokasi pengaturan arus di Jalan Raya Bandung-Garut, Senin (16/9) malam.

Peningkatan volume kendaraan ini dipicu oleh arus balik warga yang memanfaatkan long weekend untuk berlibur ke luar kota. Banyak kendaraan pribadi yang bergerak dari arah Garut menuju Cileunyi, sehingga membuat jalur tersebut kian padat.

“Kondisi ini diperparah dengan adanya beberapa titik penyempitan karena ada perbaikan jalan yang memperlambat laju kendaraan,”tambahnya.

Petugas Unit Lantas Polsek Cimanggung telah menerjunkan personel di lapangan untuk melakukan pengaturan manual demi memecah konsentrasi kendaraan di titik-titik kemacetan. Pengaturan dilakukan dengan sistem buka-tutup arus di beberapa ruas jalan, yang dianggap efektif dalam mengurai antrean kendaraan yang mengular.

“Kami upayakan semaksimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya kemacetan panjang,” jelas Usep.

Selain itu, pihak kepolisian juga mengimbau para pengendara untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan serta menjaga jarak aman antar kendaraan. Hal tersebut penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas yang sering kali menjadi pemicu kemacetan lebih parah.

“Kami mengajak semua pengendara untuk tetap tertib dan bersabar saat menghadapi kepadatan ini,” tambah Usep.

Baca Juga:Dewan Soroti Ruang Kelas di SDN Cilaku yang RusakBabinsa Desa Kertaharja Bantu Warga Bangun Masjid

Kepadatan di jalur Garut-Bandung ini diharapkan dapat terurai dengan baik menjelang malam hari, seiring dengan berkurangnya arus kendaraan. Meski demikian, para petugas tetap siaga untuk menghadapi kemungkinan lonjakan arus lalu lintas yang tidak terduga. (kos)

0 Komentar