Wisata Gratis Pasirnanjung Geulis, Dongkrak Ekonomi Lokal

BERWISATA: Para pengunjung di objek wisata Pasirnanjung Geulis Kecamatan Cimanggung.
BERWISATA: Para pengunjung di objek wisata Pasirnanjung Geulis Kecamatan Cimanggung.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Desa Pasirnanjung di Kecamatan Cimanggung, terus berbenah salah satunya tempat wisata yang bertransformasi menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Dengan keindahan alam yang memikat, Pasirnanjung Geulis kini telah menjadi tempat favorit bagi masyarakat sekitar yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan alam tanpa biaya masuk.

Kehadiran tempat wisata ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga menjadi salah satu motor penggerak ekonomi lokal yang terus berkembang.

“Masuk ke tempat wisata Pasirnanjung Geulis tidak dipungut biaya alias gratis,” ujar Kepala Desa Pasirnanjung, Susi Herawati, Selasa (17/9).

Baca Juga:Maulid Nabi, Cabup Dony Harapkan Pilkada Lancar Dewan Soroti Ruang Kelas di SDN Cilaku yang Rusak

Menurutnya, kebijakan tersebut diambil untuk menarik lebih banyak pengunjung dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati keindahan alam tanpa beban biaya, sehingga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar.

Setiap akhir pekan, Pasirnanjung Geulis menawarkan berbagai hiburan yang menarik perhatian pengunjung.

“Setiap malam Sabtu, kita adakan nonton bareng, sementara Minggu disuguhkan live musik. Acara-acara ini selalu ramai diikuti masyarakat, terutama anak muda,” lanjut Susi.

Dengan konsep hiburan yang merakyat, pengunjung tak hanya bisa menikmati alam tetapi juga mendapatkan pengalaman hiburan yang menyenangkan. Selain atraksi hiburan, tempat wisata ini juga menjadi rumah bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

Berbagai makanan khas seperti soto, mie kocok, ayam bakar, dan ikan bakar ditawarkan oleh warga sekitar yang ikut serta dalam pemberdayaan ekonomi lokal.

“Semua yang mengisi acara maupun UMKM diberdayakan warga sekitar desa,” tambah Susi.

Hal itu menjadi salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, di mana keuntungan tidak hanya dinikmati oleh segelintir pihak, tetapi oleh komunitas secara keseluruhan. Keberadaan UMKM menjadi elemen penting dalam pengembangan destinasi wisata Pasirnanjung Geulis.

Baca Juga:Babinsa Desa Kertaharja Bantu Warga Bangun MasjidBukit Galau Desa Sindulang, Destinasi Wisata Alam Perlu Pembenahan

Dengan keterlibatan aktif masyarakat, produk-produk lokal dapat dikenal lebih luas dan memberikan tambahan penghasilan bagi warga. Pengunjung yang datang pun tak hanya sekedar menikmati alam, tetapi juga mencicipi kekayaan kuliner tradisional yang otentik dan menggugah selera.

Wisata Pasirnanjung Geulis menunjukkan bahwa konsep wisata yang inklusif, berbasis komunitas, dan ramah lingkungan dapat menjadi model yang bagus. (kos)

0 Komentar