Pentingnya ASI untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya ASI untuk Tumbuh Kembang Anak
Pentingnya ASI untuk Tumbuh Kembang Anak
0 Komentar

sumedangekspres – pentingnya ASI untuk tumbuh kembang anak dan menjelaskan tentang kebijakan baru dalam PP Nomor 28 Tahun 2024 yang melarang produsen dan distributor susu formula untuk melakukan praktik yang dapat mengganggu pemberian ASI eksklusif.

Larangan ini mencakup berbagai kegiatan, seperti pemberian produk secara gratis, diskon, iklan di media massa, serta promosi oleh tenaga medis dan influencer. Kebijakan ini bertujuan untuk mendukung dan mendorong pemberian ASI eksklusif kepada bayi.

Pentingnya ASI bagi Si Kecil

ASI merupakan asupan penting untuk Si Kecil, karena mengandung nutrisi yang tepat dan mudah dicerna, sesuai dengan kemampuan pencernaan bayi. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama sangat dianjurkan, diikuti dengan menyusui dan makanan padat hingga usia 1-2 tahun.

Manfaat ASI bagi Si Kecil:

Baca Juga:Cara Mengobati Gejala Perut yang Terasa PanasSowan ke Tokoh Ulama Cianjur, Ahmad Syaikhu Dapat Doa dan Dukungan Menang Pilgub Jabar 2024

1. Nutrisi yang Dibutuhkan: ASI memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan porsi yang ideal. 2. Kandungan Antibodi: Kolostrum dalam ASI mengandung antibodi seperti IgA yang melindungi bayi dari penyakit dengan membentuk lapisan pelindung di saluran pernapasan dan pencernaan.

3. Mengurangi Risiko Penyakit: ASI eksklusif membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk: – Infeksi telinga – Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) – Infeksi saluran pernapasan – Alergi – Diabetes tipe 1 dan tipe 2

4. Berat Badan Ideal: Pemberian ASI dapat membantu menjaga berat badan bayi agar tetap ideal.

Manfaat untuk Ibu:

ASI juga memberikan manfaat bagi ibu, seperti:- Membantu menurunkan berat badan- Mengurangi risiko depresi pascamelahirkan- Mengurangi risiko penyakit, seperti tekanan darah tinggi, arthritis, masalah hati, dan diabetes tipe 2.

Secara keseluruhan, ASI memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangan Si Kecil serta memberikan dampak positif bagi ibu.

Apa Itu Konselor Laktasi?

Konselor laktasi adalah profesional bersertifikasi yang terlatih untuk membantu ibu yang sedang menyusui mengatasi berbagai masalah fisik dan psikis. Masalah yang umum terjadi saat menyusui meliputi puting lecet, pembengkakan payudara, atau produksi ASI yang tidak optimal.

Peran Konselor Laktasi:

– Edukasi: Memberikan informasi mengenai teknik menyusui yang benar.- Dukungan Emosional: Membantu ibu mengatasi stres atau kecemasan terkait menyusui.- Penanganan Masalah: Mengatasi berbagai kendala, seperti: – Pembengkakan payudara – Produksi ASI yang berlebihan atau rendah – Penyumbatan saluran ASI – Peradangan payudara – Nyeri pada puting susu

0 Komentar