BLT Ringankan Beban Ekonomi Warga Desa Sukadana Cimanggung

TERIMA BANTUAN: Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat menerima BLT Dana Desa di Desa Sukadana, Rabu (2
TERIMA BANTUAN: Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat menerima BLT Dana Desa di Desa Sukadana, Rabu (2/10).
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Pemerintah Desa Sukadana Kecamatan Cimanggung menggelar kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di aula kantor Desa Sukadana, Rabu (2/10).

Bantuan yang diberikan kepada warga Sukadana berupa uang tunai sebesar Rp 900 ribu, mencakup periode bulan Juli hingga September. Setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan Rp 300 ribu per bulan, yang merupakan bagian dari program Dana Desa (DD) yang digagas oleh pemerintah.

Program tersebut dirancang untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama di tengah situasi ekonomi yang masih belum sepenuhnya pulih akibat dampak pandemi dan kenaikan harga kebutuhan pokok.

Baca Juga:Solusi Berkelanjutan, Petani Cimanggung Belajar Membuat Pupuk OrganikHPN Sumedang Belum Ambil Sikap di Pilbup, Dukung Erwan di Pilgub

Sebanyak 31 keluarga penerima manfaat (KPM) terdata sebagai penerima bantuan tersebut. Pemerintah desa berkomitmen untuk mendistribusikan bantuan dengan tepat sasaran, sesuai data yang telah diverifikasi sebelumnya.

Menurut perangkat Desa Sukadana, distribusi BLT Dana Desa tersebut diharapkan bisa sedikit meringankan beban ekonomi masyarakat. Bhabinkamtibmas Desa Sukadana, Polsek Cimanggung, Bripka Tri Widodo, turut serta dalam proses monitoring distribusi bantuan.

“Kami pastikan distribusi bantuan berjalan lancar dan aman. Hal ini penting agar masyarakat dapat menerima haknya dengan adil dan tanpa kendala,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kerjasama perangkat desa yang turut menjaga transparansi dalam penyaluran bantuan. Sementara itu, salah seorang penerima manfaat mengaku bersyukur menerima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, dengan bantuan ini kami bisa sedikit terbantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi harga-harga sekarang banyak yang naik,” ungkapnya dengan penuh haru.

Ia berharap program tersebut terus berlanjut dan bisa membantu lebih banyak keluarga yang membutuhkan di masa mendatang. Pengamat kebijakan publik, menilai program BLT Dana Desa ini merupakan salah satu langkah yang tepat dari pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat di pedesaan.

“Melalui bantuan ini, pemerintah tidak hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga menjaga stabilitas ekonomi di tingkat mikro. Namun, perlu juga diimbangi dengan program-program pemberdayaan agar masyarakat lebih mandiri ke depannya,” jelasnya.

Baca Juga:Rasja Warga Jatigede Terima Bantuan Rutilahu dari TNIBaliho Dony-Fajar Dirusak, Timses: Kita Serahkan ke Bawaslu

Dengan berlangsungnya distribusi BLT Dana Desa tersebut, diharapkan kesejahteraan masyarakat Desa Sukadana dapat sedikit meningkat, dan bantuan tersebut bisa digunakan dengan bijak untuk keperluan yang mendesak. Pemerintah Desa Sukadana sendiri berjanji akan terus memantau penggunaan bantuan dan memastikan program ini memberikan dampak positif bagi warganya. (kos)

0 Komentar