Ciri-ciri Kolesterol Tinggi di Usia Muda yang Perlu diwaspadai

Kolestrol muda
Ciri-ciri Kolesterol Tinggi di Usia Muda yang Perlu diwaspadai.
0 Komentar

4. Muncul Bercak Kuning di Kulit Munculnya xanthoma, benjolan atau bercak kuning di kulit, bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Xanthoma sering muncul di kelopak mata dan menandakan kadar kolesterol telah mencapai 300 mg/dL atau lebih, terutama pada mereka yang memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi.

5. Berat Badan Berlebih Berat badan berlebih juga menjadi ciri-ciri kolesterol tinggi. Setiap tambahan 4,5 kg berat badan berlebih dapat menyebabkan tubuh memproduksi 10 miligram kolesterol ekstra setiap hari. Lemak dan gula yang tinggi dalam tubuh berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol.

Untuk mengecek kadar kolesterol, lakukan tes darah di klinik kesehatan terdekat. Idealnya, pemeriksaan dilakukan setelah usia 20 tahun setiap 4 tahun, atau lebih sering jika ada riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga.

Tips Mengontrol Kadar Kolesterol

Baca Juga:Inilah Pilihan Obat Gatal Biduran di ApotekRibuan Warga Sukajaya Terima Bantuan Beras

Jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau ingin menjaga kadar kolesterol tetap normal, berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan setiap hari:

– Konsumsi makanan sehat untuk jantung, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian utuh.- Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans, seperti gorengan dan makanan cepat saji.- Olahraga secara rutin minimal 3–4 kali seminggu, seperti jalan cepat, berenang, atau yoga.- Hindari merokok.- Turunkan berat badan jika mengalami obesitas.- Hindari konsumsi minuman beralkohol.

Dokter mungkin juga menyarankan obat penurun kolesterol, seperti statin, jika diperlukan.(*)

0 Komentar