Bebenah Pendidikan di Kabupaten Sumedang, SMK Perlu Ditambah 

TARGETKAN: Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar Dapil kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang, Heri Uka
ISTIMEWA, TARGETKAN: Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar Dapil kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang, Heri Ukasah Sulaeman saat memberikan keterangan kepada media, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, Pembangunan pendidikan di Jabar tentunya dengan tetap memperhatikan sinergitas dengan target dan program pendidikan nasional, keberlanjutan pendidikan dengan berbagai kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan, tentang akses dan mutu pendidikan harus menjadi perhatian dari seluruh pemangku kepentingan.

Apalagi di Jabar sesuai dengan rencana pembangunan daerah tahun 2024-2026 keberadaan aksesibilitas dan mutu pendidikan menjadi sasaran strategis. Seluruh target itu, dalam tahap implementasinya diarahkan pada kenaikan harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah.

Selanjutnya, guna mewujudkan hal itu salah satu solusi adalah dukungan sarana dan prasarana, salah satunya melalui penambahan sekolah, dimana sesuai dengan tupoksi yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi dalam pengelolaan Pendidikan yaitu di jenjang SMA dan SMK.

Baca Juga:Dony Minta Pendukung Tidak Lengah, Indikator Politik Rilis Survei Elektabilitas Cabup-CawabupKPU Sumedang: Hiburan dan Makanan Rakyat Bentuk Demokrasi

Penambahan sekolah baik SMK/SMA sangatlah realistis. Sebagai salah satu gambaran saja, ketika menghadapi tahun ajaran baru yaitu melalui seleksi PPDB sebagian masyarakat di semua daerah mengalami kesulitan yaitu untuk memenuhi syarat zonasi.

Untuk memenuhi syarat ini, setiap Kecamatan harus ada sekolah negeri baik SMA dan SMK. Kondisi faktual di Jabar masih ada daerah dalam hal ini Kecamatan yang sama sekali belum ada sekolah negeri baik SMA maupun SMK. Berkenaan dengan tuntutan mutu pendidikan, hasil akhir dari pendidikan salah satunya lulusan sekolah harus bisa terserap di dunia kerja. Untuk merespon hal ini sekolah harus mempersiapkan keahlian tertentu.

Kondisi faktual di atas, sebagai salah satu solusinya untuk penambahan sekolah, maka penambahan SMK jadi solusinya, terutama bagi daerah yang saat ini masih ada Kecamatan yang sama sekali belum ada sekolah negeri baik SMA maupun SMK.

Tentang kondisi sekolah, dengan merujuk pada data yang disampaikan pihak Dinas Pendidikan Jabar, yang menyatakan sampai akhir tahun 2023, dari jumlah kecamatan di Jabar yang saat ini mencapai 627 Kecamatan, masih ada 16 Kecamatan yang sama sekali belum ada sekolah negeri baik SMA maupun SMK.

Dari 16 Kecamatan yang belum ada SMA maupun SMK negeri, 4 Kecamatan ada di Kabupaten Sumedang yaitu Kecamatan Cisarua, Cisitu, Ganeas dan Jatigede.

0 Komentar