Pemilih Pemula di Sumedang Harus Tingkatkan Partisipasi Pilkada

EDUKASI: Sejumlah pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Sumedang saat mengikuti sosialisasi Pilkada di Makodim, ba
ISTIMEWA, EDUKASI: Sejumlah pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Sumedang saat mengikuti sosialisasi Pilkada di Makodim, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – KPU Kabupaten Sumedang mengadakan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Sumedang tahun 2024 kepada pemilih pemula. Acara tersebut diikuti 300 peserta pelajar yang terdiri dari perwakilan pelajar SLTA se-Kabupaten Sumedang.

Acara tersebut berlangsung di Aula Pandawa Sakti Makodim 0610 Sumedang, Kecamatan Sumedang Selatan, baru-baru ini. Dandim 0610/Sumedang, Letkol Kav Christian Gordon Rambu, menyampaikan, kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pemilih pemula agar partisipasi pemilih di Kabupaten Sumedang dapat meningkat.

“Kegiatan ini merupakan kerja sama antara KPU Sumedang dan Kodim 0610 Sumedang untuk mendukung kelancaran Pilkada serentak,” ujarnya.

Baca Juga:Badan Ad Hoc Kesbangpol Sumedang Difasilitasi AsuransiSipanter Permudah Urusan Pertanahan dan Perumahan di Sumedang

Letkol Christian juga menekankan pentingnya memahami visi, misi, dan program para calon gubernur serta bupati sebelum menentukan pilihan.

“Kenali calon pemimpin yang akan dipilih, datang ke TPS, dan gunakan hak suara untuk masa depan daerah,” tambahnya.

Ia juga menegaskan, TNI dan Polri akan menjaga netralitas serta memastikan Pilkada berlangsung aman, nyaman, dan damai di wilayah Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi, dalam sambutannya menyatakan, sosialisasi tersebut diharapkan mampu memberikan edukasi kepada para pelajar, sehingga dapat menyampaikan informasi terkait pelaksanaan Pilkada kepada teman dan keluarga.

Ia juga menjelaskan, KPU menggunakan berbagai metode sosialisasi, termasuk media sosial, roadshow, dan pagelaran budaya, untuk menjangkau berbagai kalangan masyarakat.

“Partisipasi masyarakat sangat penting dalam demokrasi, karena kepala daerah yang dipilih oleh rakyat harus mampu meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di Kabupaten Sumedang,” ujar Ogi.

Ia juga menargetkan tingkat partisipasi pemilih di TPS mencapai 83% pada Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November.

Baca Juga:Warga Pelosok Desa Nanjungwangi Gotong Royong Bangun JalanDisdukcapil Sumedang: Inovasi Digital Permudah Layanan Kependudukan

Dengan tema “Madangan” (Aman, Damai, Menyenangkan), Pilkada Kabupaten Sumedang 2024 diharapkan berjalan lancar dan sukses, serta memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah. (red)

0 Komentar