Lebah Berperan dalam Menjaga Keberlanjutan Sejumlah Kebutuhan Dasar Manusia seperti Makanan, Obat, Energi Biomassa

Lebah Berperan dalam Menjaga Keberlanjutan Sejumlah Kebutuhan Dasar Manusia seperti Makanan, Obat, Energi Biomassa
0 Komentar

Split colony ini juga sangat penting karena bisa menyediakan bibit lebah yang unggul. Kita tahu bahwa budidaya yang dilakukan oleh para petani mutunya sangat beragam. Nah dengan split colony ini kita bisa menyediakan bibit yang lebih unggul dan lebih seragam mutunya,” ujar Mahani.

Selain itu, metode ini juga dapat mendukung produksi madu, propolis, maupun bee pollen dari lebah yang dibudidayakan.

Dijelaskan Mahani, ada tiga cara dalam metode pecah koloni, yatu tukar kotak, metode mutasi kotak, dan longsor sarang. Masing-masing cara ini memiliki sejumlah kelebihan dan keurangan.

Baca Juga:Putri Wapres Bertandang ke Sumedang. Siti Nur Azizah: Tanaman Hias Menjadi Hobi Baru di Masa PandemiIndonesia – Kazakhstan Berkolaborasi dalam Duni Pendisikan

Secara keseluruhan, ada tiga tahapan yang harus diperhatikan dalam metode ini. Pertama, mempersiapkan kotak anakan dan indukan yang memenuhi persyaratan, melakukan proses split, dan penanganan pasca split.

“Setelah selesai split, jangan kemudian kita tinggalkan. Kita terus tetap harus kontrol. Kita perlu melakukan tahapan terakhir yaitu penanganan pasca split,” ujar Mahani.(red)

Laman:

1 2
0 Komentar