UPTD Puskesmas Margajaya Catat Lonjakan Vaksinasi Warga

UPTD Puskesmas Margajaya Catat Lonjakan Vaksinasi Warga
Kepala UPTD Puskesmas Margajaya, Titim Adrianingsih saat memantau gebyar vaksinasi di Desa Cinanjung, Kecamatan Tanjungsari, beberapa waktu lalu. (Foto: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Tanjungsari – Presentase vaksinasi di UPTD Puskesmas Margajaya, Kecamatan Tanjungsari mengalami peningkatan pesat.

Diketahui, untuk target sasaran warga dalam vaksinasi yang dinaungi oleh UPTD Puskesmas Margajaya sebanyak 39.364 orang.

Kepala UPTD Puskesmas Margajaya Titim Adrianingsih mengatakan, Kecamatan Tanjungsari menjadi salah satu wilayah yang dijadikan sebagai percepatan vaksinasi.

Baca Juga:Bupati: Reformasi Digital Harus Mampu Mengakselerasi Penurunan Kemiskinan dan StuntingDataran Tinggi Wado Potensial Jadi Sentra Komoditas Kopi

“Sebagaimana instruksi bapak bupati bahwa dua kecamatan dijadikan wilayah percepatan pelayanan vaksinasi Covid-19,” kata Titim melalui pesan singkat, Rabu (15/9).

Adapun dua kecamatan yang dijadikan wilayah percepatan vaksinasi, dijelaskan Titim, yaitu Tanjungsari dan Jatinangor dengan target herd immunity mencapai 70 persen.

“Cakupan yang divaksin dosis 1 dari Februari 2021 sampai dengan Juli 2021 hanya 2.207 sasaran sekitar 5,6 persen,” ucapnya.

Kendati demikian, Titim menerangkan, mulai pada 3 Agustus hingga 14 September 2021, peningkatan warga dalam vaksinasi meningkat pesat.

“Cakupan pelayanan vaksin selama 43 hari, dari tanggal 3 Agustus sampai 14 September 2021, PKM (Puskesmas) Margajaya mencatat sebanyak 16.121 warga yang dilayani vaksin atau sekitar 40,95 persen,” jelas Titim.

“Ada kenaikan yang signifikan dari jumlah sasaran yang dilayani sebelum percepatan. Tim vaksin PKM Margajaya hanya mampu melayani paling banyak 200 sasaran,” tandasnya.

Dalam pemaparannya, Titim menegaskan, untuk saat ini tim vaksin Puskesmas Margajaya mampu melayani vaksinasi warga sebanyak 500 hingga 1.000 sasaran dalam satu hari.

Baca Juga:Pelaksana Proyek Drainase Pastikan September RampungSMKN Situraja Kampanyekan ‘Semua Akan Vaksin Pada Waktunya’

“Sesuai dengan bimbingan teknis dari bapak Kadis (kesehatan), Sekdis dan tim vaksinasi Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Selain itu, Titim menuturkan, arahan yang diberikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman menjadi motivasi Puskesmas Margajaya untuk memberikan pelayanan yang hati-hati namun juga cepat.

“Cepat tapi harus hati-hati dengan tetap berpegang teguh pada SOP pelayanan, sehingga kami sebut tim vaksin PKM Margajaya dengan sebutan Tim Vaksinasi NYEREPET PKM Margajaya,” imbuh Titim.

Dijelaskan Titim, NYEREPET merupakan singkatan dari NYEgah REnced PElayanan Tepat atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu mencegah kelambatan alias pelayanan cepat namun juga tepat.

“Dukungan luar biasa dari Camat Ida Farida, diikuti jajaran Kades sampai dengan tingkat RT dan kader yang berjibaku menyiapkan sasaran,” tuturnya.

“Kegiatan yang dilakukan tertib aman dan lancar partisipasi yang luar biasa dari Kapolsek, Danramil, para Babinsa, Binmas yang mampu bersinergi dengan bidan desa dan aparat desa masing-masing di wilayah PKM Margajaya,” tambah Titim.

0 Komentar