Cara Mengatasi Wajah Berjerawat

Cara Mengatasi Wajah Berjerawat
Ilustrasi, mengatasi masalah jerawat. foto pixabay
0 Komentar

SUMEKS – Wajah berjerawat, tentunya akan mengganggu penampilan, terlebih lagi bisa membuat kepercayaan diri hilang. Bagaimana cara mengatasi wajah berjerawat kembali mulus? Pertama, kenali dulu jenis kulitnya.

Jerawat biasanya tumbuh dikulit berminyak, berarti juga harus menyiapkan perawatan ekstra untuk menghadapi berbagai masalah yang timbul dikulit berminyak, seperti wajah berkilau atau makeup yang mudah luntur.

Dengan perawatan yang tepat, berbagai masalah pada kulit berminyak bisa dihilangkan atau dihindari, termasuk juga jerawat. Berikut ini beberapa cara mengatasi wajah berjerawat, seperti dikutip laman Stylecraze.

Baca Juga:Beberkan Arti Nama Anak Kedua Raffi Ahmad, Indah BangetSiswi SMK Mencoba Bunuh Diri Lantaran Video Asusila Tersebar

1. Rutin Bersihkan Wajah
Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk mengontrol minyak berlebih adalah dengan membersihkan wajah dan menjaganya tetap bersih setiap saat. Penting untuk membersihkan wajah Anda dua atau tiga kali sehari untuk membersihkannya dari semua akumulasi kotoran dan penumpukan minyak yang menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat dan lainnya. Pembersih berbasis gel atau berbusa adalah tips terbaik untuk kulit berminyak.
Carilah pembersih atau pencuci muka yang bebas minyak. Sabun obat juga berguna untuk membersihkan kulit berminyak.

Namun, jangan menggunakan teknik pembersihan abrasif karena ini akan menghilangkan kelembapan alami kulit Anda, yang menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak. Carilah produk yang mengandung satu atau lebih bahan-bahan ini seperti asam salisilat, minyak pohon teh, nimba, kunyit, madu.

2. Scrubbing
Baik untuk Kulit Berminyak Sangat penting untuk mengelupas kulit berminyak sekali atau dua kali seminggu. Ini adalah salah satu tips kulit berminyak yang sangat penting. Sebum berlebih yang dihasilkan menyebabkan timbulnya sel-sel kulit mati di permukaan kulit, mengakibatkan jerawat, komedo, whiteheads, blackheads, dan tentu saja kulit tampak kusam. Untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dan memperbarui permukaan kulit Anda, serta mencegah timbulnya jerawat, masukkan pengelupasan kulit dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Sekali lagi, bersikaplah lembut dan jangan menggosok kulit Anda dengan kasar.

3. Masker Wajah Mingguan
Sangat Efektif Setelah pengelupasan kulit, tindak lanjuti dengan masker wajah. Langkah mingguan dari tips perawatan kulit berminyak ini juga sangat penting. Paket wajah atau masker yang mengandung tanah liat kaolin dan bentonit, sandalwood, fuller’s earth (Multani mitti) sangat baik untuk kulit berminyak karena menyerap minyak berlebih dengan lembut. Masker wajah buatan sendiri: -Hancurkan bubur pepaya matang, tambahkan setengah lemon ke dalamnya, aduk rata, oleskan pada wajah dan pijat dengan baik, biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin. Ini mengontrol minyak dengan sangat baik. -Kupas apel segar dan potong menjadi irisan tipis, tambahkan 2 sdm madu ke dalamnya, buat pasta halus dan oleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Ini akan mengencangkan pori-pori dan menghidrasi kulit Anda secara alami.

0 Komentar