Pembangunan Bendungan Di Cipasang, Harus Punya Manfaat Bagi Masyarakat

Pembangunan Bendungan Di Cipasang, Harus Punya Manfaat Bagi Masyarakat
Kepala Desa Cipasang, Kecamatan Cibugel Rahmat S.AP saat dijumpai di kantornya beberapa waktu lalu. (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS – Pemerintah Desa Cipasang Kecamatan Cibugel tegaskan pembangunan Bendung Beureum Beungeut bisa bermanfaat dan menguntungkan masyarakatnya.

Rencananya, Bendung Beureum Beungeut yang akan dibangun di Desa Cipasang Kecamatan Cibugel itu akan segera diproses.

Kepala Desa Cipasang, Rahmat S.AP menyebutkan, untuk saat ini pihaknya belum mendapat informasi banyak tentang pembangunan bendungan tersebut.

Baca Juga:Jajang Terpilih Menjadi Kades KebonjatiJelang PPKM Level 3, Cipanas Cileungsing Terapkan Prokes Ketat

“Sebenarnya kami juga belum tau banyak terkait pembangunan bendungan ini. Hanya saja belum lama ini pihak desa kedatangan pihak PT Waskita yang merupakan inisiator pembangunan bendungan tersebut,”ujarnya.

Dalam hal ini, pihak desa hanya sebagai fasilitator dari terwujudnya pembangunan bendungan tersebut nanti. Namun, untuk saat ini pihak desa masih menunggu informasi selanjutnya dari pihak yang akan jadi pelaksana.

“Kita hanya memfasilitasi, namun itu berdasarkan pertimbangan dan hasil musyawarah,”sebutnya.

Rahmat menambahkan, untuk membangun bendungan yang akan difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik, itu membutuhkan lahan sekitar 60 hektare.

Oleh sebab itu, langkah pertama yang akan dilakukan pendataan dan pembebasan lahan.

“Dalam pembangunan ini harus membebaskan lahan sekitar 60 hektare, kebetulan di areal yang akan dibangun bendungan itu ada tanah kas desa sekitar 40 hektare, jadi tanah milik warga yang akan di bebaskan hanya sekitar 20 hektare,” terangnya.

Sementara itu, kedepannya, saat pembangunan proyek tersebut terlaksana, pemerintah desa minta ada pemberdayaan terhadap masyarakat. Selain itu untuk harus ada pemberdayaan jangka pajangnya.

Baca Juga:Geliat Ekonomi Rancaekek Mulai MeningkatRahmat Djuliadi Luncurkan Sekolah Tani

“Saya minta ada pemberdayaan bagi para warga yang ada di Cipasang, atau mungkin bisa membuka lapangan pekerjaan dalam waktu jangka panjang,” tuturnya. (eri)

0 Komentar