Pegiat Wisata Berharap Pemda Manfaatkan Potensi Wisata Lokal

Pegiat Wisata Berharap Pemda Manfaatkan Potensi Wisata Lokal
(ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Kekayaan alam yang ada di Kabupaten Sumedang tidak kalah dengan yang ada di daerah lain. Bahkan, sebagian pegiat wisata pun optimis jika Kabupaten Sumedang bisa menjadi daerah destinasi wisata.

Untuk itu, sejumlah pengelola wisata di Kabupaten Sumedang, berharap dukungan Pemkab Sumedang untuk memaksimalkan potensi lokal.

Pegiat arung jeram di Parakankondang, Jatigede, mengatakan lokasi arung jeram di Sumedang tidak kalah menarik dengan daerah lain.

Baca Juga:Pemulihan Ekonomi Pasca Corona, Ini Menurut Kang Luthfi Ketua Fraksi PDI PerjuanganPemdes: Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

“Sebaiknya, warga Sumedang memberdayakan tempat wisata yang ada di daerahnya,” ujar salah seorang pegiat arung jeram yang enggan disebutkan namanya, Jumat (10/12).

Menurutnya, trip arung jeram di Kabupaten Sumedang tidak kalah mainstream-nya dengan yang ada di daerah lain.

“Jujur sesudah pandemi tamu untuk berarung jeram di Sumedang menurun drastis. Bisa dikatakan tidak ada tamu lagi di wisata Parakankondang,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PHRI Kabupaten Sumedang H Nana Mulyana mengaku jika saat ini para pelaku usaha, baik usaha wisata, restoran dan hotel tengah mengalami keterpurukan akibat tingkat pengunjung turun drastis semenjak pandemi Covid-19.

Untuk itu, dirinya berharap instansi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melaksanakan kegiatan daripada harus ke luar daerah seperti Pangandaran dan kota lainnya.

“Di Sumedang ini, banyak sekali tempat wisata hingga hotel bintang 4 yang cukup memadai untuk dilakukan kegiatan,” terangnya.

Menurut Nana, jika kegiatan pemerintahan dilakukan di luar Sumedang, otomatis uang yang dikeluarkan Pemda Sumedang untuk membiayai kegiatan itu akan beredar ke daerah lain.

Baca Juga:Sapma PP Hadirkan Taqy Malik di Masjid Al Kamil SumedangWanajaya Jadi Sentra Kacang Kedelai

“Tentunya akan menguntungkan daerah yang dikunjungi. Di sisi lain kita di Sumedang tengah terpuruk,” tuturnya. (asg/red)

0 Komentar