International Green School Sumedang Raih Penghargaan Adiwiyata

International Green School Sumedang Raih Penghargaan Adiwiyata
Direktur International Green School Sumedang Sony Abunawas menerima simbolis penghargaaan dari Bupati Sumedang dan Kadis DLHK Sumedang. (Adhi Septiahadi/SUMEKS)
0 Komentar

Sumeks, Kota – International Green School Sumedang menjadi salah satu dari 8 sekolah yang mendapatkan piagam Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2021.

Adiwiyata sendiri ialah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari lingkungan yang negatif.

Baca Juga:Cimuja Tuntas Laksanakan Semua Program Pemerintah 2021Stasiun Tanjoengsari Berubah Jadi Gedung Juang 45

Direktur International Green School (IGS) Sumedang, Soni Abunawas mengatakan peralihan penghargaaan ini berkat usaha keras guru dan murid di sekolahnya.

Sementara itu Kepala DLHK Kabupaten Sumedang Yosep Suhayat menyebutkan, penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

“Diharapkan penghargaan ini dapat mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan juga berbudaya dalam menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik,” tutur Yosep.

Lanjut Yosep, Adiwiyata harus menjadi wadah pembelajaran dan juga penyadaran segenap warga sekolah diantaranya murid, guru, orang tua/wali murid dan lingkungan masyarakat demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan hidup.

Penilaian penghargaan ini dilakukan pada tanggal 13-15 Desember 2021, tim penilai langsung menilai 11 sekolah yang didaftarkan sebagai penerima Wiyata sebagai verifikasi dan validasi.

“Dua sekolah mengundurkan diri dan satu sekolah tidak masuk nominasi, maka hanya delapan sekolah yang terpilih,” tutur Yosep.

Dijelaskan Yosep, delapan sekolah yang lolos rencananya akan diikutsertakan di tingkat provinsi pada Tahun 2022 dengan pendampingan dari DLHK dan Disdik.

Baca Juga:Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Sekolah Dasar Negeri Mukti Jaya 03Jalan Rusak, Warga Minta Perbaikan

Adapun daftar sekolah Adiwiyata yaitu SDN Tegalkalong, SDN Citungku Rancakalong, SD Internasional Green School Sumedang, SMPN 2 Sumedang, SMPN 2 Jatinangor,  SMPN 1 Paseh, SMAN 2 Sumedang dan SMKN 2 Sumedang. (Asg)

0 Komentar