Lobster dan Ikan Hias Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat 

Lobster dan Ikan Hias Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat 
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang Nandang Suparman mengungkapkan mengenai penetasan lobster dan ikan hias yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat (REXI CASNARI LAMDU/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupatem Sumedang terus melakukan kontribusi dalam penetasan lobster yang tengah meningkat permintaannya, terutama dari luar Kabupaten Sumedang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang Nandang Suparman di kantornya, Selasa (8/3).

“Untuk lobster pada saat ini berawal dari kondisi ril di Bendungan Jatigede pada tahun 2015 sejak digenang, lalu ditebar beberapa jenis benih, salah satunya lobster. Alhamdulillah sampai saat ini memberi dampak minat konsumsi lobster air  tawar terutama masyarakat luar Kabupaten Sumedang. Saat ini juga kami sampai kewalahan dengan kebutuhan pasar lobster,” ujar Nandang.

Baca Juga:Jatigede Bakal Jadi Kawasan Agrowisata BerkelanjutanPPKM Level 3, Pasar Sumedang Sepi Pembeli

Dengan meningkatnya permintaan akan lobster, terus diupayakan penetasan lobster yang dilakukan masyarakat dan didukung oleh Dinas Perikanan dan Peternakan. Selain untuk memenuhi permintaan pasar, juga hal tersebut memberi dampak positif bagi masyarakat dan bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga setempat.

“Perkembangan penetasan lobster ini tidak lepas dari pantauan kami. Kami usahakan bagaimana masyarakat bisa berdaya dan meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka sampai masyarakat lingkungannya,” tandasnya.

Pengadaan sarana dan prasarana juga terus diupayakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan. Sampai saat ini telah direspon oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Untuk pengadaan sarana prasarana lobster tersebut, alhamdulillah telah direspon KKP. Mudah-mudahan tahun ini bisa memberikan bantuan untuk pengadaan peningkatannya,” ujar Nandang

Selain lobster, ikan hias juga menjadi primadona di masyarakat, apalagi saat pandemi. Oleh karena itu, berbagai kegiatan komunitas ikan hias tidak luput dari pantauan Dinas Peternakan dan Perikanan.

“Selain itu, ada juga ikan hias yang memiliki banyak jenis dan setiap kegiatan ikan hias saya tidak pernah absen untuk hadir dalam berbagai kegiatan kontes di Mall dan Komunitas. Terakhir kemarin di SPMA Tanjungsari,” ungkap Nandang.

Ikan hias sendiri telah menunjukan trend positif, terutama pada peningkatan pertumbuhan ekonomi yang angkanya terus melejit selama pandemi.

Baca Juga:Banyak Masyarakat Abai Memasuki Area LinggaSDA Sumedang Dukung Petani Milenial Capai Sukses

“Saya sangat perhatian terhadap ikan hias, karena peminat komunitas ikan hias bisa terukur sesuai data statistik pada tahun 202. Saat pandemi, ikan hias menunjukan trend peningkatan dalam laju pertumbuhan ekonomi,” ujarnya

0 Komentar