Bupati Resmikan Masjid Al-Barokah Talun

Bupati Resmikan Masjid Al-Barokah Talun
Bupati Sumedang H Dony Achmad Munir didampingi Camat Sumedang Utara Asep Aan Dahlan, Lurah Talun Rinny Mulyati SE MSi, Ketua DKM Mesjid Al- Barokah H Nawawi dan Ketua Yayasan Al- Kiblat H Iman Hilman melakukan foto bersama, kemarin. (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Bupati Sumedang H Dony Achmad Munir meresmikan Masjid Al-Barokah di RW 05 Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara, Rabu (23/3).

Hadir dalam acara, tiga unsur Forkompimcan Kecamatan Sumedang Utara, Pimpinan Yayasan Al Kiblat H Iman Hilman, Wakil Ketua Baznas Sumedang H Junan Junaidi serta Lurah Talun Rinny Mulyati dan Sekretaris Kelurahan Talun Wawan Hermawan.

Pada kesempatan sama, Bupati juga melaksanakan kegiatan penaburan benih ikan ke Sungai Cipeles dan merencanakan sungai Cipeles sebagai tempat wisata .

Baca Juga:Bantuan Rutilahu Selesai DikerjakanKomunitas Otomotif Harus Bisa Dongkrak Wisata Daerah

“Dalam kegiatan di Kelurahan Talun ini ada dua kegiatan. Pertama menabur benih ikan di Sungai Cipeles, dekat Talun ini. Kedua ikut meresmikan Mesjid Al-Barokah diciptakan orang Kidul bantuan dari Saudi Arabia. Sedangkan lokasi tanahnya berasal  dari wakaf masyarakat sini,” kata Bupati dalam sambutannya

Bupati berharap, masjid tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga Talun, khususnya lingkungan RW 05 dalam rangka beribadah pada Alloh dan dalam melaksanakan shalat lima waktu.

Terkait Revitalisasi dan jumlah benih ikan yang ditabur di Cipeles, Bupati menjelaskan untuk benih ikan yang ditabur itu sebanyak 50.000 ekor. “Itu tentunya untuk revitalisasi sungai Cipeles, kami sudah memiliki komitmen,” katanya

Antara lain, kata dia, bagaimana sungai bisa bersih, tidak membuang sampah sembarangan ke sungai serta tidak membuang kotoran secara bebas dari rumah ke sungai.

“Kita persiapkan ipal-ipal pemunal di sekitar dekat sungai. Sehingga tidak buang kotoran dari rumah sembarangan ke sungai, tapi membuangnya pada ipal pemunal,” ujarnya.

Kemudian kedepan, pihaknya akan mempersiapkan beberapa tempat pembuangan sampah di sekitar Talun.

“Nanti akan ada roda-roda sampah disimpan disini, supaya masyarakat tidak buang sampah ke sungai Cipeles ini. Kemudian kami sudah merencanakan  untuk menjadikan sungai Cipeles sebagai tempat wisata,” katanya.

Baca Juga:Disperindag Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan AmanMeski Mahal, Ratusan Warga Tetap Mengantre Minyak Goreng

Kondisi sungai Cipeles sendiri saat ini, lanjut Bupati, sudah ada perbaikan dari sebelumnya. k

Karena beberapa titik sudah ada ipal pemunal. Jadi kotoran domestik yang biasa langsung ke sungai sekarang di tampung dulu di ipal pemunal jadi sudah ada perbaikan sungainya dan kebersihannya pun sudah ada perbaikan.

0 Komentar