7 Obat Alami Penyakit Jantung yang Belum Banyak Diketahui Orang, No. 3 Ada di Dapur Anda

7 Obat Alami Penyakit Jantung yang Belum Banyak Diketahui Orang, No. 3 Ada di Dapur Anda
nett/ilustrasi
0 Komentar

sumedangekspres – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang wajib diwaspadai. Penyakit ini juga disebut silent killer karena menyerang dengan tiba-tiba dan berakibat fatal. Selain dengan perawatan dan obat-obatan medis, berikut merupakan obat alami untuk mengobati penyakit jantung.

Jenis obat alami untuk mengobati sakit jantung kebanyakan mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari, namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Berikut ini 7 jenis obat alami untuk atasi sakit jantung yang dirangkum dari Healthline.

  1. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini ternyata menjadi jenis obat alami untuk atasi sakit jantung. Kandungan hidrogen sulfur yang ada dalam bawang putih akan bermanfaat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sekitar 10 hingga 15 persen.

Baca Juga:Penyebab dan Perawatan Penyakit Jantung KoronerPiala H Umuh Muhtar, Ajang Pencarian Bakat Sepakbola

Selain dapat menyembuhkan sakit jantung, konsumsi bawang putih juga dapat membersihkan plak pada bagian arteri. Tujuannya agar aliran darah menuju jantung tidak terhambat.

  1. Teh Hijau

Jenis obat alami untuk atasi sakit jantung berikutnya adalah teh hijau. Selama berabad-abad, pengobatan herbal menggunakan teh hijau dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.

Studi klinik pernah membuktikan bahwa konsumsi teh hijau sebanyak 5-6 cangkir per hari akan dapat menjaga kesehatan jantung. Sementara hasil penelitian Western University of Health Sciences menyatakan, teh hijau yang diminum 10 cangkir sehari ampuh turunkan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung.

Kandungan senyawa Epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau yang memberi rasa pahit, disebut-sebut kaya manfaat dan berfungsi sebagai antioksidan. Lalu, kandungan antioksidan tersebut akan berguna untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan kesehatan jantung serta menjadi antikanker.

  1. Kunyit

Jenis obat alami untuk atasi sakit jantung berikutnya adalah kunyit. Kunyit memang telah terkenal sebagai bumbu masak, namun ternyata juga ampuh untuk lindungi otot jantung.

Studi penelitian pernah membuktikan bahwa kandungan polifenol dalam kunyit bisa menghambat penyumbatan arteri penyebab serangan jantung dan stroke. Tidak hanya itu, metode pengobatan dengan kunyit juga sudah dikenal sejak lama di India dan Tiongkok sebagai anti-inflamasi atau peradangan.

0 Komentar