5 Tips Cegah Pergaulan Bebas Pada Remaja

5 Tips Cegah Pergaulan Bebas Pada Remaja
Sekumpul Remaja Sedang Beraktivitas (InaKoran.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Pergaulan pada anak muda yang berbeda zaman harus dipantau oleh orang tua. Tidak hanya di sekolah tetapi juga di lmasyarakat. Terutama bagi anak remaja, jangan sampai anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Tentu hal ini juga berlaku bagi siswa dan anak remaja itu sendiri. Remaja itu harus pintar dalam dalam memilih pergaulan.

Pergaulan bebas yaitu  perilaku yang menyimpang yang melewati batas dan norma-norma masyarakat.

Baca Juga:Cara Menjaga Mental Health Pada Remaja5 Cara Agar Tidak Kecanduan Bermain Handphone

Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (21/3/2022), seringkali remaja SMP terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Dilansir dari kompas.com

Ada nenerapa faktor yang menyebabkan remaja terjerumus ke pergauln bebas seperti kurangnya perhatian orang tua, kondisi lingkungan, hingga penyalahgunaan internet.

Dampaknya bisa terkena gangguan kesehatan karena mengonsumsi obat-obatan atau minum-minuman beralkohol hingga pendidikan yang terhambat akibat tidak konsentrasi dalam belajar.

Cara cegah pergaulan bebas pada remaja:

  1. Punya pendirian kokoh

Siswa atau remaja harus punya pendirian yang kokoh. Ini akan membuat remaja tidak mudah terbawa arus pergaulan bebas.

  1. Memilih teman harus selektif

Hal ini bukan berarti kamu pilih-pilih dalam berteman, tetapi kamu harus bisa memilih teman yang baik. Jadi hindari menjalin pergaulan dengan teman-teman yang dirasa bisa membawa dampak buruk

  1. Lakukan kegiatan positif

Cara mencegah pergaulan bebas pada remaja berikutnya ialah selalu mencari kegiatan yang positif. Misalnya banyak beraktivitas dalam organisasi yang baik dan melakukan hal-hal yang bersifat positif.

Dengan menyibukan diri oleh hal-hal yang positif, tentunya akan dapat membuat diri terhindar dari perbuatan yang tidak baik, seperti pergaulan bebas.

Baca Juga:Puasa, Rakit Pemancingan Terimbas BerkahAnak Kecil Puasa Setengah Hari di Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya ?

  1. Selalu ingat orang tua

Bagi yang mempunyai orang tua, maka kamu harus selalu ingat orang tuamu yang bersusah payah memperjuangkan kamu untuk bersekolah agar menjadi orang yang baik dan juga sukses. Jadi, jangan sampai pergaulan bebas menghancurkan harapan orang tua kalian. Kamu juga harus ingat pesan baik dari orang tua.

  1. Dekatkan diri dengan agama

Semua agama tentu mengajarkan umatnya untuk melakukan kebaikan dan menghindari perbuatan terlarang. (Cr2)

0 Komentar