Cara Menjaga Mental Health Pada Remaja

Cara Menjaga Mental Health Pada Remaja
Ilustarsi Mental Healt Pada Remaja (Indozone.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Di masa pandemi seperti sekarang penting untuk menjaga kesehatan mental atau mental health, itu sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Kesehatan mental merupakan istilah  kesenangan secara psikologis,emosional dan sosial. Dilansir dari tirto.id

Apabila seseorang sehat secara mental, maka dia juga mampu menjadi lebih produktif dan dia juga mampu membuat keputusan ia juga bisa memainkan peran dalam lingkungan sosial.

Baca Juga:5 Cara Agar Tidak Kecanduan Bermain HandphonePuasa, Rakit Pemancingan Terimbas Berkah

Karena itu, di masa pandemi memastikan anak-anak remaja tetap sehat secara mental itu penting. Karena itu bisa membuat anak remaja tetap produktif dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

Berikut ini cara menjaga kesehatan mental atau mental health remaja di masa pandemi

  1. Sadari bahwa kecemasanmu adalah hal yang wajar

Jika Anda merasa mengalami gejala-gejala yang berhubungan dengan COVID-19, segera bicara dengan orang tuamu. Tanamkan dalam pikiran kalau gejala COVID-19 bisa diobati.

Selain itu, terapkan juga protokol kesehatan dengan sering mencuci tangan, tidak menyentuh wajah, dan melakukan social distancing atau pembatasan sosial.

  1. Cari pengalihan

Di dalam masa seperti ini, penting menemukan keseimbangan hidup agar lebih maksimal dalam menjalani kegiatan sehari-sehari. Keseimbangan itu bisa didapatkan melalui kegiatan yang disukai seperti menonton film kesukaan, membaca novel dan lain-lain.

  1. Temukan cara baru berkomunikasi dengan teman-temanmu

Media sosial adalah salah satu alternatif untuk berkomunikasi di masa pandemi. Kita masih bisa menghubungi teman-teman dengan fitur yang tersedia.

Akan tetapi, terlalu lama berselancar di media sosial juga tidak baik. Oleh karena itu, atur jadwal screen time (waktu yang Anda habiskan di depan televisi/gadget).

Baca Juga:Anak Kecil Puasa Setengah Hari di Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya ?Ada 5 Golongan Umat Muslim Yang Diperbolehkan Tidak Puasa Ramadan

  1. Selami perasaanmu

Kehilangan kesempatan untuk mengikuti acara-acara dengan teman, menyalurkan hobi, atau pertandingan olahraga, adalah hal yang cukup mengecewakan. Tapi jangan terlalu larut dalam kesedihan.

Dalam kondisi seperti ini, penting untuk mencari baru menghibur diri. Jika tetap merasa sedih, selami perasaanmu. (Cr2)

0 Komentar