Makan Ketika Masuk Waktu Imsak, Apakah Batal?

Sudah Masuk Waktu Imsak Masih Makan, Apakah Batal
Makan dan minum saat memasuki waktu imsak sebelum adzan subuh  (foto iStock)
0 Komentar

sumedangekspres – Bulan suci ramadhan yang tengah berjalan sekarang tentunya sangat dinantikan oleh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh suka cita selama sebulan penuh.

Namun dalam prakteknya, dikatakan ada hal-hal yang bisa membatalkan puasa, terutama dalam hal ini adalah makan dan minum. Batas waktu berpuasa juga sudah diatur.

Seperti kita ketahui, berpuasa dimulai sejak matahari terbit hingga terbenam. Pertanyaannya adalah Bagaimana jika masih makan setelah terdengar suara imsak?

Baca Juga:Sucikan Diri Dengan Bertaubat di Bulan RamadhanSholat Dhuha Menambah Pahala Ramadhan, Begini Bacaan Niat, Do’a Serta Tata Caranya

Dilansir Kompas.com,  istilah tersebut dikenal sebagai waktu yang terletak beberapa menit sebelum adzan subuh berkumandang.

Biasanya waktu imsak ditandai dengan berkumandangnya suara shalawat tarhim yang diputar di masjid-masjid atau informasi yang kita dapat dari jadwal.

Banyak umat muslim yang menganggap bahwa makan sahur harus segera dihentikan ketika sudah memasuki waktu imsak.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, menjelaskan waktu imsak adalah 10 menit sebelum masuknya shalat Shubuh.

Imsak sendiri dibuat dalam rentang waktu tersebut supaya menjaga segala sesuatu yang membatalkan puasa dihentikan saat itu terutama makan dan minum.

Waktu tersebut dikatakan sebagai upaya dalam membentuk kehati-hatian. Dia menyebut lebih baik sudah selesai makan dan minum saat masuk waktu imsak.

Lebih lanjut, Anwar Abbas menjelaskan umat Islam mulai tidak boleh makan adalah ketika waktu shalat sudah masuk.

Baca Juga:Kamu Suka Insecure? Yuk Lawan Rasa Insecure Dengan Cara IniJika Ingin Berteman Dengan Mantan Pacar, Renungkan 5 Hal ini

“Oleh karena itu supaya puasa kita tidak rusak kita harus berhati-hati. Sebaiknya 5-10 menit sebelum waktu shalat Subuh tiba kita sudah selesai dengan persoalan makan dan minum,” jelas Anwar.

Istilah tersebut artinya menahan menurut Anwar ialah menahan diri dari hal-hal yang dilarang oleh Islam ketika berpuasa. Di antaranya, terutama makan dan minum.

“Jadi waktu imsak artinya waktu di mana kita mulai menahan diri untuk tidak makan dan minum,” ujarnya

Namun demikian, Anwar mengatakan bahwa apabila ada yang masih makan saat imsak tidak apa-apa, asalkan jangan sampai lewat hingga Subuh.

 

0 Komentar