5 Cara Mengatasi gangguan Kecemasan

5 Cara Mengatasi gangguan Kecemasan
ist/rsudpariaman.sumbarprov.go.id
0 Komentar

Cobalah melakukan meditasi atau yoga secara rutin. Tak hanya mengurangi cemas, teknik ini juga bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Penelitian dalam Johns Hopkins Medicine menyatakan bahwa 30 menit meditasi setiap hari mampu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selama proses relaksasi, Anda juga bisa menggunakan aromaterapi untuk lebih menenangkan hati dan pikiran. Aromaterapi menggunakan ekstrak tumbuhan dan minyak esensial yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pikiran, tubuh, dan jiwa.

Baca Juga:Berikut Tiga Cara Cegah Jamur di Mesin Cuci Bukaan DepanCara Menghadapi Berita Hoaks agar Tidak Mudah Terhasut

Sejumlah minyak esensial yang dipercaya dapat membantu meredakan kecemasan yaitu lavender, bergamot, ylang ylang, jeruk bali, dan clary sage.

4. TETAP AKTIV SECARA FISIK

Gangguan kecemasan bukan penghalang melakukan berbagai hal. Anda juga perlu mengembangkan rutinitas positif yang membuat tubuh tetap aktif. Ini bisa menjadi cara agar tidak cemas.

Cobalah rutin berolahraga. Aktivitas ini tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga bisa menjadi cara mengurangi gejala kecemasan sekaligus meningkatkan suasana hati.

4. MENGONSUMSI MAKANAN YANG SEIMBANG

Kebiasaan makanan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan hal tersebut.

Kadar gula darah rendah, dehidrasi, dan bahan kimia dalam makanan olahan sering dikaitkan dengan perubahan suasana hati. Tak hanya itu, makanan tinggi gula juga dapat memengaruhi emosi.

Makan makanan bergizi seimbang bisa menjadi cara agar tidak cemas. Mulailah untuk menerapkan makan makanan bergizi seimbang kaya karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta lebih banyak sayuran dan buah.

Hindari terlalu banyak makanan instan dan olahan, serta batasi garam, gula, dan minyak. Selain itu, tetaplah terhidrasi dengan minum air yang cukup setiap harinya.

5. BERHENTI MEROKOK

Cara menghilangkan selanjutnya adalah berhenti merokok.

Kebiasaan merokok sering dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan, termasuk gangguan kecemasan.

Baca Juga:6 Tips dan Trik UMKM Kuliner Sukses Raup Cuan Selama PandemiBahaya! Ini Efek Buruk yang Mengintai Jika Terbiasa Tidur dengan Lampu Menyala, Berikut Tips dan Trik Bagi yang Takut Gelap

Kandungan nikotin dan bahan kimia lain dalam rokok dapat memperburuk kondisi gangguan kecemasan.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa semakin awal seseorang mulai merokok, semakin tinggi juga risiko mengalami gangguan kecemasan di kemudian hari. (Pkl2/Nina)

Sumber: sehatq.com

0 Komentar