Berikut Tiga Cara Cegah Jamur di Mesin Cuci Bukaan Depan

Berikut Tiga Cara Cegah Jamur di Mesin Cuci Bukaan Depan
Ilustrasi membersihkan mesin cuci/istimewa
0 Komentar

sumedangekspres – Di bawah ini tiga cara cegah jamur pada mesin cuci bukaan depan.

Melansir The Spruce, Rabu (30/3/2022), untuk mencegah pertumbuhan jamur pada mesin cuci, jangan gunakan deterjen dan pelembut pakaian dalam jumlah berlebihan.

Untuk meningkatkan sirkulasi udara, usahakan untuk menambah kipas angin atau bahkan air conditioner (AC) ke dalam ruang cuci di rumah.

Baca Juga:Cara Menghadapi Berita Hoaks agar Tidak Mudah Terhasut6 Tips dan Trik UMKM Kuliner Sukses Raup Cuan Selama Pandemi

Selain itu, untuk menjaga tingkat kelembapan supaya lebih rendah, jika memungkinkan letakkan pula dehumidifier.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa ventilasi pengering mesin cuci dan memastikannya dalam keadaan kencang serta tidak bocor.

Biarkan pintu mesin cuci bukaan depan terbuka setelah setiap pemakaian untuk memungkinkan lebih banyak sirkulasi udara.

Pastikan kipas di mesin cuci bukaan depan dalam keadaan bersih, berfungsi dengan baik dan tidak ada kotoran yang menghalangi ventilasi.

Tips terpenting adalah untuk selalu membersihkan mesin cuci setiap minggu atau setiap bulan, sesuai dengan penggunaan anda.

Namun, bagaimana cara membersihkan jamur dari mesin cuci bukaan depan?

Cara membersihkan mesin cuci dari jamur
Langkah pertama adalah memastikan mesin cuci dalam keadaan kosong dari deterjen atau pelembut pakaian.

Selanjutnya, pilih siklus pencucian normal untuk beban besar agar air yang cukup dapat mengalir melalui mesin cuci. Atur suhu air menjadi hangat atau panas.

Baca Juga:Bahaya! Ini Efek Buruk yang Mengintai Jika Terbiasa Tidur dengan Lampu Menyala, Berikut Tips dan Trik Bagi yang Takut GelapAturan Menyimpan Makanan di Kulkas

Kemudian, tambahkan satu atau setengah cangkir pemutih klorin ke kompartemen deterjen mesin cuci bukaan depan dan nyalakan mesin cuci untuk satu siklus penuh.

Pada tahap ini, anda bisa mengganti pemutih klorin dengan satu cangkir hidrogen peroksida. Tetapi, jangan campur hidrogren peroksida dengan pemutih klorin karena bisa menimbulkan asap beracun.

Setelah siklus pencucian rampung, bersihkan drum dan pintu mesin cuci. Area ini harus dibersihkan dan dirawat secara teratur untuk memastikan segel kedap air.

Kelupas perlahan karet pencegah kebocoran di pintu mesin cuci dengan menggunakan kain mikrofiber atau sikat berbulu yang telah dibasahi dengan seperempat campuran pemutih klorin dan air. Keringkan area tersebut menggunakan kain lembut.

Jangan lupa untuk turut membersihkan laci dispenser deterjen dan pelembut pakaian. Deterjen yang menumpuk di area tersebut bisa menjadi sumber pertumbuhan jamur serta menyebabkan bau.

0 Komentar