5 Cara Mengatasi gangguan Kecemasan

5 Cara Mengatasi gangguan Kecemasan
ist/rsudpariaman.sumbarprov.go.id
0 Komentar

sumedangekspres – Salah satu cara mengasti gangguan kecemasan yaitu perubuhan gaya hidup serta mengenali strategi coping masing masing.

Respon alami tubuh terhadap stres yang dipengaruhi bermacam faktor adalah cemas. Kondisi ini normal bagi manusia. Tetapi, kondisi ini akan memengaruhi kualitas hidup yang tidak terkendali jika cemas sering terjadi.

Lantas, bagaimana tips mengatasinya? Yu simak ulasan berikut ini.

Apa yang dimaksud gangguan kecemasan?

Gangguan kecemasan serta panik sangat sulit untuk dipulihkan sehingga bisa menggangu aktivitas, beda dengan cemas biasa. Hal ini akan terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga:Berikut Tiga Cara Cegah Jamur di Mesin Cuci Bukaan DepanCara Menghadapi Berita Hoaks agar Tidak Mudah Terhasut

Gugup tidak berdaya, adanya peningkatan detak jantung, berkeringat, dan gemteran adalah tanda-tanda gangguan kecemasa.

Sering terjadi, ketika mengalami gangguan cemas, pasti kejadian akan berulan berupa perasaan cemas dan takut dengan tiba-tiba. Hal ini disebut dengan serangan panik (panik attack).

Jika ini terjadi pada Anda, segera konsultasi ke profesional untuk mendapatkan diagnosis dan hindarilah self diagnose. Psikiater akan merekomendasikan psikoterapi atau obat-obatan jika diperlukan, serta saran perawatan sebagai cara mengatasi gangguan kecemasan.

Cara mengatasi gangguan kecemasan
Selain menggunakan terapi atau obat-obatan, perubahan gaya hidup dan strategi coping juga bisa menjadi cara mengurangi kecemasan.

Anda bisa mencoba cara mengatasi gangguan kecemasan secara alami, mudah, dan murah berikut ini:

1. MENGENALI PEMICU KECEMASAN

Cara menghilangkan gangguan kecemasan yang pertama adalah mengenali pemicunya.

Mulailah mempelajari situasi atau tindakan yang bisa menyebabkan Anda stres dan meningkatkan kecemasan. Anda bisa menghindarinya atau melatih strategi untuk menghadapinya. Anda mungkin butuh berdiskusi dengan profesional akan hal ini.

2. MENERAPKAN LATIHAN PERNAPASAN DALAM

Ketika rasa cemas tiba, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan dalam sebagai untuk meredakan kecemasan.

Baca Juga:6 Tips dan Trik UMKM Kuliner Sukses Raup Cuan Selama PandemiBahaya! Ini Efek Buruk yang Mengintai Jika Terbiasa Tidur dengan Lampu Menyala, Berikut Tips dan Trik Bagi yang Takut Gelap

Gangguan kecemasan sering menyebabkan napas dangkal dan cepat. Ini bisa menyebabkan detak jantung cepat, pusing, hingga serangan panik.

Saat ini terjadi, cobalah perlahan tarik napas dalam-dalam sambil memejamkan mata, lalu hembuskan perlahan. Teknik relaksasi ini akan membantu membuat pola pernapasan menjadi normal kembali dan meredakan kecemasan.

3. MELAKUKAN RELAKSASI

Teknik relaksasi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan gangguan kecemasan.

0 Komentar