Jabar Bergerak Zilenial Tebar Aksi Kemanusiaan Wujudkan Mimpi Mendiang Eril

Editor:

sumedangekspres, KAB. BANDUNG – Sejumlah anak muda yang tergabung dalam Jabar Bergerak Zilenial melakukan berbagai aksi kemanusiaan di Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan perekonomian warga itu antara lain penanaman ratusan bibit cabai dan bawang, pengelolaan bank sampah, pemberdayaan UMKM, hingga fun learning untuk anak-anak.

Adapun 95 persen warga Desa Pinggirsari merupakan petani dan peternak. Kegiatan yang berlangsung selama seminggu penuh dari tanggal 17-24 September 2022 ini juga diisi dengan kerja bakti.

Pendiri Jabar Bergerak Atalia Praratya Kamil, yang juga istri Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, mengapresiasi aksi anak muda tersebut.

Atalia menuturkan, aksi kemanusiaan itu merupakan semangat dari mendiang Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang diwariskan kepada penerusnya di Jabar Bergerak Zilenial.

Eril merupakan putra sulung Atalia sekaligus pendiri organisasi non pemerintah yang bergerak untuk kemanusiaan dan pendidikan itu, yang juga disingkat dengan Jaberzilenial.

“Ini mimpi almarhum yang dititipkan kepada kita. Semoga bisa terus berkelanjutan,” kata Atalia, saat menghadiri penutupan Program Zillenial Community Development di aula Desa Pinggirsari, Minggu (25/9/2022).

Hari pertama kegiatan pada 17 September 2022, diawali dengan Bumi Asri, yakni penanaman 200 bibit tanaman yang bermanfaat menghasilkan profit, kemudian dilanjutkan dengan Rumah Pintar, pengajaran menggunakan metode “fun learning” kepada anak-anak.

Di hari berikutnya hingga tanggal 24 September, Jaberzilenial memberikan wawasan pemanfaatan “marketplace” bidang pertanian, juga pengelolaan sampah berkolaborasi dengan Bank Sampah Bersinar. Seluruh kegiatan tersebut melibatkan 425 warga desa.

“Kalau kita yang melakukannya itu hal biasa, tapi kalau dilakukan oleh anak muda yang mau berkontribusi untuk bangsa ini sangat luar biasa,” ujar Atalia.

Mewakili warga, Kepala Desa Pinggirsari Wawan Sumantri mengungkapkan, aksi yang dilakukan Jaberzilenial memberikan manfaat besar dalam meningkatkan perekonomian warga.

“Terima kasih, wawasan yang diberikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian warga kami yang 95 persen adalah petani dan peternak,” kata Wawan.

Menurut Wawan, metode yang diberikan oleh Jaberzilenial pun dinilai sesuai dengan kultur warga desa.

“Apa yg disampaikan oleh para anak muda ini sangat sesuai dengan budaya warga kami,” ucapnya.

Baca juga: Prabowo: Ridwan Kamil Harus Diperhitungkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *