Kreatifitas Bisa Cegah Urbanisasi

Kreatifitas Bisa Cegah Urbanisasi
Seorang nelayan berusaha mencari ikab di perariran waduk Jatigede (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATIGEDE – Guna meminimalisasi urbanisasi warga daerah ke kota untuk mencari pekerjaan, pemerintah desa diharapkan bisa kreatif mendorong pergerakan di berbagai sektor usaha.

Gelontoran anggaran dana bantuan baik dari pusat maupun dari pemerintah daerah memungkinkan di desa bisa tercipta peluang usaha.

Pemerintah desa harus bersaing meningkatkan daya dukung daerah terhadap sektor pertanian, jasa, perdagangan dan parawisata yang memanfaatkan potensi lokal.

Baca Juga:Jampe Harupat, Pelayanan Adminduk Lebih CepatWarga Berharap Realisasi Jalan Sukasari-Lembang, Komisi I DPR RI TB Hasanuddin Diminta Selesaikan Keinginan Masyarakat

Dengan demikian, jika kemauan kuat itu terealisasi, tentunya akan menciptakan lapangan kerja di daerah.

“Angka urbanisasi selalu naik. Hal ini bisa diantisipasi jika peluang usaha tercipta di desa,” ujar Camat Wado H Sutisna.

Ia menyebutkan, Pemerintah Kecamatan di sekitar Waduk Jatigede sebenarnya banyak peluang untuk mengembangkan kegiatan usaha. Salah satu contoh banyaknya destinasi wisata di wilayah Wado, terutama di kawasan Waduk Jatigede.

“Harapannya banyaknya destinasi wisata di kawasan Waduk Jatigede, sektor-sektor usaha lain bisa bergerak dan menjadi peluang usaha masyarakat di sejumlah desa,” katanya.

Ia menerangkan, pemerintah desa juga harus bisa memanfaatkan keberadaan Bumdes untuk mendongkrak kegiatan usaha. Upaya ini diyakini bisa membuka ruang usaha sehingga warga desa tidak berangkat ke kota untuk mencari pekerjaan.

“Bumdes sekarang anggarannya kan lumayan besar. Galilah potensi usahanya. Semua elemen harus saling mendukung,” kata dia.

Dia mengatakan, meski di pedesaan, saat ini banyak warga yang kreatif ditambah dengan didukung kemudahan mengakses teknologi informasi dan komunikasi yang bisa diakses langsung.

Baca Juga:Sampurna Sederhana Open 2022 Resmi Ditutup, Kemenpora Apresiasi Kejuaraan Nasional TersebutKebakaran di Cimanggung, Dua Motor dan Uang Rp 70 juta Ludes Terbakar

“Tinggal kemauan yang kuat saja. Banyak peluang usaha yang bisa digali di desa,” ucapnya. (eri)

0 Komentar