Kreatifitas Bisa Cegah Urbanisasi

Editor:

sumedang, JATIGEDE – Guna meminimalisasi urbanisasi warga daerah ke kota untuk mencari pekerjaan, pemerintah desa diharapkan bisa kreatif mendorong pergerakan di berbagai sektor usaha.

 

Gelontoran anggaran dana bantuan baik dari pusat maupun dari pemerintah daerah memungkinkan di desa bisa tercipta peluang usaha.

 

Pemerintah desa harus bersaing meningkatkan daya dukung daerah terhadap sektor pertanian, jasa, perdagangan dan parawisata yang memanfaatkan potensi lokal.

 

Dengan demikian, jika kemauan kuat itu terealisasi, tentunya akan menciptakan lapangan kerja di daerah.

 

“Angka urbanisasi selalu naik. Hal ini bisa diantisipasi jika peluang usaha tercipta di desa,” ujar Camat Wado H Sutisna.

 

Ia menyebutkan, Pemerintah Kecamatan di sekitar Waduk Jatigede sebenarnya banyak peluang untuk mengembangkan kegiatan usaha. Salah satu contoh banyaknya destinasi wisata di wilayah Wado, terutama di kawasan Waduk Jatigede.

 

“Harapannya banyaknya destinasi wisata di kawasan Waduk Jatigede, sektor-sektor usaha lain bisa bergerak dan menjadi peluang usaha masyarakat di sejumlah desa,” katanya.

 

Ia menerangkan, pemerintah desa juga harus bisa memanfaatkan keberadaan Bumdes untuk mendongkrak kegiatan usaha. Upaya ini diyakini bisa membuka ruang usaha sehingga warga desa tidak berangkat ke kota untuk mencari pekerjaan.

 

“Bumdes sekarang anggarannya kan lumayan besar. Galilah potensi usahanya. Semua elemen harus saling mendukung,” kata dia.

 

Dia mengatakan, meski di pedesaan, saat ini banyak warga yang kreatif ditambah dengan didukung kemudahan mengakses teknologi informasi dan komunikasi yang bisa diakses langsung.

 

“Tinggal kemauan yang kuat saja. Banyak peluang usaha yang bisa digali di desa,” ucapnya. (eri)

 

Baca juga: Antusias Tinggi, Jumlah Pendaftaran Petmil Dishut Lampaui Target

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *